NDP bangun serat optik dukung akselerasi ekonomi digital Indonesia

id bp batam, kek batam,batam, kepri, investasi batam

NDP bangun serat optik dukung akselerasi ekonomi digital Indonesia

Kepala BP Batam Muhammad Rudi meletakkan batu pertama pembangunan jaringan fiber optic di NDP Nongsa, Rabu. (ANTARA/ HO-)

Batam (ANTARA) - Nongsa Digital Park (NDP) bersama dengan PT CitraConnect dan Red Technologies membangun serat optik di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa di Kota Batam, guna mendukung akselerasi ekonomi digital Indonesia.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan proyek tersebut dapat memberikan nilai tambah bagi peningkatan investasi Batam khususnya bagi industri digital dan data center.

"Apa pun yang menjadi keperluan NDP, BP Batam sepenuhnya akan mendukung sehingga industri digital di Batam menjadi contoh dan terbaik di Indonesia," kata Muhammad Rudi usai melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan jaringan fiber optic di NDP Nongsa, Rabu.

NDP merupakan kawasan ekosistem digital yang terletak di KEK Nongsa, Batam, Indonesia. 

Dalam keterangan tertulis, CEO NDP Mike Wiluan mengatakan nilai investasi proyek tersebut mencapai 3 juta dolar AS dan memiliki jaringan serat optik terbaru yang merupakan teknologi data terkini.

KEK NDP Nongsa saat ini tengah membangun data center dari tiga entitas berbeda yaitu PT Data Center First, PT GDS IDC Service dan Data Center Kominfo dengan nilai investasi total mencapai Rp 9,6 triliun.

"Infrastruktur ini akan secara signifikan mendukung ekosistem di Nongsa yang menjadi jembatan digital antara Indonesia dan dunia," kata dia.

Jaringan serat optik ini akan menyediakan kecepatan akses data yang sangat tinggi dan stabil untuk bisnis yang berada di Kawasan NDP. 

Selain itu, jaringan ini dapat membuka peluang baru bagi perusahaan teknologi, kegiatan R&D, pelatihan vokasi, pusat data, dan startup untuk berkembang di Kawasan Ekonomi Khusus NDP.

Nantinya, sepanjang 5 km jaringan serat optik akan ditanam di dalam kawasan tersebut. 

Menurut Mike, jaringan ini dapat membuka peluang baru bagi perusahaan teknologi, kegiatan R&D, pelatihan vokasi, pusat data, dan startup untuk berkembang di Kawasan Ekonomi Khusus NDP.

"Konektifitas serat optik akan menjadi ujung tombak investasi global di masa yang akan datang dan mendukung ekosistem ekonomi digital di area pusat data seperti e-commerce, gaming dan pengembangan AI yang semuanya memerlukan konektifitas real time, penyimpanan dan pemrosesan data," kata Mike.

Direktur PT CitraConnect Marco Bardelli mengatakan proyek Nongsa Digital Park dimulai pada tahun 2018, dengan mengikuti visi Presiden Jokowi, bahwa NDP akan menjadi "Jembatan Digital" antara Indonesia dan seluruh dunia. 

"Kami berhasil menarik investor internasional, mendirikan fasilitas dan program pendidikan kelas dunia dengan mitra seperti Apple, IBM, dan Universitas RMIT. Kunci sukses kelanjutan NDP adalah dengan memiliki infrastruktur kelas dunia sehingga NDP dipandang sebagai Center of Excellence di Asia Tenggara," kata dia.

Ia mengatakan sebagai pusat teknologi digital terkemuka di Asia Tenggara, NDP telah berhasil menarik perhatian dunia internasional. 

"Kami telah menerima penghargaan dari berbagai organisasi internasional atas kontribusi kami dalam mengembangkan ekosistem teknologi digital di Indonesia," kata dia.


 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE