Warga Kampung Rekoh Bintan ziarah makam Datuk Julong pada 1 Muharram

id Ziarah makam 1 muharram

Warga Kampung Rekoh Bintan ziarah makam Datuk Julong pada 1 Muharram

Warga Kampung Rekoh, Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) berziarah ke makam Datuk Julong dalam rangka memperingati 1 Muharram 1445 Hijriah, Rabu (19/7/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Bintan)

Bintan (ANTARA) - Warga Kampung Rekoh, Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) berziarah ke makam Datuk Julong dalam rangka memperingati 1 Muharam 1445 Hijriah, Rabu.

Ziarah dimulai dengan berjalan kaki dari Masjid Rekoh Desa Penaga menuju makam Datuk Julong yang berada persis di tengah kampung.

Aktivitas ini sudah berjalan hampir kurun waktu 18 tahun dan telah menjadi keunikan dan warisan budaya bagi daerah.

"Melihat animo masyarakat yang hadir, kita tidak hanya bicara terkait bagaimana proses kenduri arwahnya saja, tapi juga ada adat istiadat budaya yang ditampilkan seperti iring-iringan bunga telur tadi," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan, Rony Kartika usai menghadiri ziarah ke makam Datuk Julong.

Selain itu, Sekda juga berharap agar ke depannya aktivitas tersebut bisa menjadi agenda wisata religi kalender pariwisata daerah yang nantinya dapat di ikuti tidak saja oleh masyarakat setempat, namun juga dari masyarakat luar.

"Sehingga efeknya nanti ada perputaran ekonomi serta nilai histori bagi masyarakat," ucapnya.

Sementara, tokoh masyarakat Kampung Rekoh, Husein, mengatakan ziarah ini merupakan salah satu kegiatan untuk mengenang jasa dan sejarah pembuka Kampung Rekoh pertama kali, yakni Datuk Julong yang berada di tengah kampung.

Makam ini dibangun sejak tanggal 31 Januari 2005 oleh masyarakat dan tokoh masyarakat Kampung Rekoh.

"Dengan dibangunnya Makam Datuk Julong yang berada di tengah kampung ini, masyarakat Kampung Rekoh setiap tahun berziarah kemari dan ini kegiatan ziarah 1 Muharam yang ke-18 tahun," ujarnya.

Dalam kegiatan ziarah ini, masyarakat dan tokoh masyarakat berdoa kepada Allah SWT untuk menjaga dan memberikan rezeki serta menjauhkan warga setempat dari bencana atau musibah.*

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE