Seorang warga badui meninggal akibat digigit ular berbisa

id Lebak,warga badui,banten,SRI,digigit ular,ular,badui

Seorang warga badui meninggal akibat digigit ular berbisa

Relawan Sahabat Indonesia (SRI) tengah membawa warga Badui korban gigitan ular berbisa menggunakan ambulans menuju RSUD Banten untuk mendapatkan perawatan medis. FOTO ANTARA/HO-Relawan SRI/September 2023

Lebak, Banten (ANTARA) -
Sebanyak 12 orang warga Suku Badui di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten sejak sebulan terakhir ini digigit ular tanah berbisa, dan seorang dilaporkan meninggal dunia.
 
"Korban meninggal itu atas nama Pulung (43), warga Kampung Cipiit, Desa Kanekes yang masuk kawasan permukiman Badui," kata Ketua Koordinator Sahabat Relawan Indonesia (SRI) Muhammad Arif Kirdiat di Lebak, Selasa.
 
Masyarakat Badui menjadi korban gigitan ular, karena saat ini mereka membuka ladang pertanian.

Ia mengatakan saat membuka ladang pertanian, warga membersihkan rerumputan hingga kayu-kayuan di kawasan hutan , sehingga berpotensi menjadi korban gigitan ular mematikan.
 
Sebab, kata dia, habitat populasi ular tanah itu di tempat-tempat suhu dingin dengan banyak rerumputan, bahkan di bawah pepohonan.
 
"Kami bergerak cepat jika ada warga Badui menjadi korban gigitan ular dengan membawa ke puskesmas setempat maupun rumah sakit untuk menyelamatkan jiwa mereka," kata Arif.
 
Menurut dia, dari 12 warga Badui yang menjadi korban gigitan ular berbisa itu di antaranya tiga dibawa ke RSUD Provinsi Banten dan lima ke puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan medis. Sedangkan tiga korban lainnya ditangani keluarga di rumah.
 
"Kami minta warga Badui jika menjadi korban gigitan ular mematikan segera dilarikan ke fasilitas kesehatan sehingga bisa ditangani oleh tenaga medis," kata dia.
 
Ia mengatakan, pihaknya menjalin kerja sama dengan Puskesmas Cirinten dan Cisimeut yang menangani pelayanan kesehatan masyarakat Badui.
 
 
 
 
 


 
 
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dalam sebulan 12 warga badui digigit ular berbisa, 1 meninggal dunia 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE