Gubernur : HUT ke-21 Kepri momentum parade pembangunan berkelanjutan

id HUT Kepri ke-21

Gubernur : HUT ke-21 Kepri momentum parade pembangunan berkelanjutan

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-21 Provinsi Kepri Tahun 2023 di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Minggu (24/9/2023). (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengatakan peringatan Hari Jadi ke-21 provinsi itu menjadi momentum parade pembangunan yang berkelanjutan.

"Ini sesuai dengan Pasal 11 Gurindam 12 yang berbunyi hendaklah berjasa kepada yang sebangsa. Bermakna sebagai anak bangsa, kita harus bisa mengerahkan segala kemampuan demi mengharumkan Negeri Melayu Kepri," kata Ansar selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-21 Provinsi Kepri Tahun 2023 di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Minggu.

Gubernur Ansar menyebut di usia ke-21 tahun, masih banyak tantangan dan hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan program pembangunan di Kepri, seperti tantangan global ekonomi, inflasi hingga ketahanan pangan. Kendati begitu, ia menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang turut andil dalam pencapaian pembangunan berkelanjutan di Bumi Bunda Tanah Melayu.

Kolaborasi itu telah menghadirkan berbagai program strategis di Kepri, di antaranya pemenuhan konektivitas antar wilayah, percepatan infrastruktur untuk transformasi dunia digital dan penguatan wilayah 3T, penguatan dan pengembangan UMKM melalui penyaluran modal usaha dengan Subsidi bunga 0 persen.

Lalu, pemenuhan infrastruktur dasar melalui program Kepri terang, penyediaan fasilitas pelayanan sosial di luar daerah berupa pembangunan rumah singgah, perlindungan nelayan melalui program BPJS Ketenagakerjaan, penguatan keagamaan melalui pemberian bantuan kepada seluruh institusi keagamaan, peningkatan kualitas dan aksesibilitas pendidikan, penguatan nilai-nilai budaya, serta pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK).

"Langkah-langkah strategis itu merupakan semangat melanjutkan perjuangan yang telah membuahkan hasil dari berbagai capaian 
pembangunan di Kepri yang semakin menunjukkan tren positif," ungkapnya.

Ia pun mengajak semua pihak untuk terus bersama-sama memberikan kontribusi dalam menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks.

Hal itu guna mewujudkan ekonomi maju untuk Kepri berbudaya menuju masyarakat yang makmur, berdaya saing dan berbudaya.

Dalam upacara peringatan Hari Jadi ke-21 Kepri, Gubernur Ansar turut menyerahkan penghargaan dan bantuan kepada pihak-pihak yang berjasa pada pembentukan Provinsi Kepri, mendukung pembangunan, serta ikut mengharumkan nama Kepri di kancah nasional.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE