Petinju Kepri lolos PON 2024

id PON 2024

Petinju Kepri lolos PON 2024

Petinju Kepri Vika Lido Yovita, lolos mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut setelah berhasil menang pada ajang kualifikasi tahap dua pra PON di Kupang, NTT, Kamis (26/10/2023). (ANTARA/HO-KONI Kepri)

Tanjungpinang (ANTARA) - Atlet tinju perempuan asal Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Vika Lido Yovita, lolos untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

Pelatih tim tinju Rionando Butarbutar menyampaikan, Vika Lido Yovita berhasil lolos PON setelah memenangkan pertandingan tinju kelas 60 kilogram pada ajang kualifikasi tahap dua di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 21 hingga 30 Oktober 2023.

“Puji syukur, satu atlet tinju kita menang menghadapi lawan-lawannya dari provinsi lain dan berhak meraih tiket PON XXI,” kata Rio di Batam, Kamis (26/10).

Sementara, Ketua KONI Kepri, Usep RS mengapresiasi kontingen tinju Kepri yang mengikuti ajang kualifikasi tahap dua pra PON sekaligus mampu menyegel tiket PON Aceh-Sumut 2024.

Ia berharap jajaran pelatih dan atlet tinju memanfaatkan waktu yang ada untuk memaksimalkan persiapan jelang PON XXI agar dapat menyumbangkan medali bagi Kepri.

“Tinju salah satu cabang olahraga penyumbang medali setiap gelaran PON,” ujar Usep.

Usep mengatakan, hingga 26 Oktober, Kepri telah mengikuti BK Pra PON sebanyak 23 cabor. Sebanyak 18 cabor di antaranya lolos PON XXI, dengan total 52 nomor pertandingan dan 61 atlet.

Adapun rincian cabor dan atlet Kepri lolos PON Aceh-Sumut, antara lain selam dua nomor dan dua atlet, hapkido lima nomor dan enam atlet, wood ball satu nomor dan satu atlet, golf tiga nomor dan tiga atlet, menembak dua nomor dan dua atlet, ski enam nomor dan enam atlet.

Lalu aero modelling dua nomor dan dua atlet, IMI dua nomor dan dua atlet, bulu tangkis beregu dan empat atlet, muaithay satu atlet, sepeda sport empat atlet, triathlon tujuh atlet, IODI tiga atlet, IPSI silat tiga atlet, layar lima atlet, tarung derajat dua atlet, kick boxing enam atlet, dan tinju satu atlet.

Lanjut Usep mengatakan masih ada beberapa cabor yang akan melaksanakan BK Pra PON 2023 seperti panahan, dayung, biliar, panjat tebing, taekwondo, jujitsu, gulat dan sepuluh cabor di Porwil XI 2023 di Provinsi Riau.

“Kita optimistis untuk cabor dayung, panahan, biliar, jujitsu, taekwondo, dan lima cabor di Porwil XI lolos PON XXI Aceh-Sumut,” kata Usep. 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE