Pemkab Natuna gratiskan 1.416 sambungan PDAM di Sedanau

id pemkab natuna, sedanau,pemasangan pipa air

Pemkab Natuna gratiskan 1.416 sambungan PDAM di Sedanau

Petugas melakukan pemasangan pipa. ANTARA/HO-PDAM Tirta Nusa Natuna

Natuna (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna Kepulauan Riau menggratiskan biaya pemasangan 1.416 sambungan pipa dan meteran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) ke rumah warga Sedanau Kecamatan Bunguran Barat.

Direktur Utama PDAM Tirta Nusa Natuna Zaharuddin saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Bintan, Ahad, mengatakan selain biaya pemasangan, pipa dan meteran juga diberikan secara gratis.

Bantuan itu, kata dia, bersumber dari dana sharing antara Pemerintah Pusat dan Pemkab Natuna. "340 SR (Sambungan rumah) dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) dan 1.076 SR dari APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah)," ucapnya.

ia menjelaskan bantuan itu diberikan khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah di daerah itu. "Prioritas ke masyarakat kurang mampu atau tingkatan ekonominya rendah," kata dia.

Ia mengatakan, bantuan itu merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap penduduknya. "Salah satu bukti bahwa negara hadir di Sedanau," kata dia.



Ia menjelaskan, pemasangan sedang dikerjakan dan diperkirakan akan selesai pada Februari mendatang. "Pembangunan sudah dimulai," kata dia.

Menurut dia, dengan adanya pipa tersebut masyarakat akan lebih mudah untuk mengakses air bersih. "Selama ini masyarakat membeli air dengan harga yang mahal," ucap dia.

ia menjelaskan air merupakan salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh karena itu pihaknya akan terus berupaya meningkatkannya.

"Salah satu perintah Bupati, jadi kami harus mengatasi kebutuhan air seluruh masyarakat Natuna," kata dia.

ia berharap pemasangan berjalan dengan baik agar masyarakat bisa segera menggunakannya. "Mudah-mudahan selesai tepat waktu," kata dia.



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Natuna gratiskan pemasangan 1.416 sambungan PDAM di Sedanau

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE