PN Batam pastikan hasil permohonan praperadilan kasus Rempang bukan putusan akhir

id Perkara kasus Rempang,Pengadilan,Batam,Kepri,Pengadilan Negeri Batam,Rempang

PN Batam pastikan hasil permohonan praperadilan kasus Rempang bukan putusan akhir

Konferensi pers penjelasan terkait praperadilan kasus Rempang oleh Wakil Kepala Pengadilan Negeri Batam Bambang Trikoro di kantor PN Batam, Selasa (7/11). (ANTARA/Yude)

Batam (ANTARA) - Pengadilan Negeri (PN) Batam memastikan hasil dari permohonan praperadilan kasus Rempang pada Senin (6/11), belum menentukan putusan akhir penetapan tersangka pada pokok perkara.

Wakil Kepala Pengadilan Negeri Batam Bambang Trikoro menjelaskan, praperadilan itu sama sekali tidak membahas pokok perkara yang diajukan pemohon dan termohon.

"Jadi pra itu sah atau tidaknya seseorang itu dijadikan tersangka. Namanya aja pra, jadi tidak masuk sampai ke pokok perkara," ujarnya Batam Kepulauan Riau, Selasa.

Dia menyebutkan, yang menjadi catatan terhadap apa yang telah disampaikan pada saat praperadilan adalah penilaian kepada penyidik, apakah yang mereka sampaikan sudah sesuai dengan peraturan yang ada.

"Jadi kemarin itu untuk menentukan seseorang itu menjadi tersangka. Apakah tindakan, mulai dari penyelidikan dan penyidikan itu dinilai kemarin," kata dia.

Jadi, kata dia, masyarakat jangan berasumsi bahwa praperadilan itu menentukan putusan akhir pada perkara pokok nantinya. Karena pihak-pihak yang dijadikan tersangka, maupun dari pihak penyidik, nantinya mereka punya kewajiban untuk membuktikan di pengadilan yang  akan dikomunikasikan dengan kejaksaan.

"Karena penuntutan itu dilakukan oleh kejaksaan, kalau pengadilan kan independen, tidak ada unsur lain masuk ke sana. Jadi pihak penyidik nanti menyangkakan seseorang itu bisa dijadikan tersangka, dibuktikan di pengadilan, begitu juga sebaliknya. Jadi siapapun yang disangkakan melakukan sesuatu yang melanggar hukum, itu mempunyai hak untuk melakukan pembuktian terbalik. Pembuktian terbalik itu bisa dilakukan di persidangan dan itu terbuka, tidak ada intervensi apapun di sana," katanya.

Dia menambahkan, untuk praperadilan itu bisa dilakukan dua kali, apabila perkara yang diajukan berbeda dengan perkara praperadilan sebelumnya.

"Kalau masih dipermasalahkan perkara penetapan tersangkanya tidak bisa. Kalau objek perkaranya sama, sudah tidak memungkinkan lagi. Tapi kalau misalnya ada yang lain dari itu, masih bisa," jelasnya.

Baca juga:
Bawaslu Batam catat 4.080 APS di Batam ditertibkan karena langgar aturan
Perekonomian Kepri triwulan III-2023 tumbuh 0,42 persen
Yacht berbagai negara singgah di perairan Tanjungpinang

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE