Abu Bakar Ba'asyir titip surat untuk Prabowo

id Abu Bakar Baasyir,Pemilu 2024,Pilpres 2024,Prabowo Subianto,Gibran Rakabuming Raka,nasihat ulama,Ngruki

Abu Bakar Ba'asyir titip surat untuk Prabowo

Pendiri Ponpes Al Mukmin Ngruki, Abu Bakar Ba'asyir, mendatangi Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin (20/11/2023). (ANTARA/Aris Wasita)

Surakarta (ANTARA) - Pendiri Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Abu Bakar Ba'asyir menyambangi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan menitipkan surat untuk calon presiden Prabowo Subianto.

Dalam kunjungannya ke Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin, Ba'asyir tidak dapat menemui Gibran secara langsung karena padatnya jadwal putra sulung Presiden Joko Widodo itu sebagai calon wakil presesiden dari Koalisi Indonesia Maju pendamping Prabowo.

"Inginnya ketemu (langsung), tapi susah," ujar Ba'asyir di Surakarta, Jawa Tengah, Senin.

Dengan begitu, Ba'asyir menitipkan surat itu ke Bagian Umum Pemkot Surakarta.

Melalui surat itu, Ba'asyir ingin menyampaikan nasihatnya kepada calon presiden yang nantinya terpilih pada Pilpres 2024. Selain kepada Prabowo, Ba'asyir juga menyampaikan surat kepada tiga calon presiden peserta Pilpres 2024.

"Allah mewajibkan umat Islam yang mengerti agama harus berusaha menyampaikan nasihat kepada kepala negara. Itu kewajiban saya dalam agama saya, mesti menyampaikan nasihat," ujar Ba'asyir.

Menurut dia, sebagai sebagai seorang pemimpin muslim, maka pemimpin itu wajib mengatur negara dengan hukum Islam dan hukum Allah Swt.

"Supaya selamat. Memang ini banyak pertentangan dari non-muslim, tetapi tidak apa-apa, itu sudah sunatullah," ujar Ba'asyir.

Dia mengatakan sudah menyerahkan surat serupa kepada calon presiden Anies Baswedan. Sedangkan untuk Ganjar Pranowo, Ba'asyir mengatakan bakal memberikan langsung di Semarang, Jawa Tengah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin (13/11), menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa (14/11), pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo - Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga sudah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Abu Bakar Ba'asyir titip surat untuk Prabowo lewat Gibran

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE