Anies banyak gunakan telunjuk tangan saat debat

id pemilu 2024

Anies banyak gunakan telunjuk tangan saat debat

Calon Presiden RI Anies Rasyid Baswedan saat memaparkan visi dan misi dalam debat perdana di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA/Donny Aditra

Jakarta (ANTARA) -
Jari telunjuk dari tangan kanan Anies Rasyid Baswedan mendominasi gerak tubuhnya saat mengikuti debat perdana yang diselenggarakan KPU, Selasa malam.
 
Bahasa tubuh yang ditunjukkan Anies Baswedan tu kerap untuk menekankan suatu hal yang sedang disampaikannya.
 
Terhitung tidak kurang dari 20 kali Anies menggunakan jari telunjuk untuk memperkuat pernyataan yang disampaikannya.
 
Telunjuk kanan yang paling banyak dilakukannya saat menjawab pertanyaan terkait dengan pelayanan publik, penegakan hukum, dan meningkatkan demokrasi.
 
"Ada ruang kebebasan dari rakyat untuk menyampaikan pendapatnya, jadi negara harus sadar negara bukan mengatur pikiran, bukan mengatur perasaan, melainkan mengatur tindakan," kata Anies sambil menunjukkan jari telunjuk kanannya.

Sementara itu,  Anies Rasyid Baswedan mengatakan bahwa masyarakat bisa menilai sendiri hasil debat capres pertama yang diselenggarakan oleh KPU
pada Selasa malam.

Menurut Rektor Universitas Paramadina Periode 2207-2014 itu, ia tidak merasa dirinya unggul dalam debat.

"Biarkanlah masyarakat yang menilai debat itu," ujar Anies dengan singkat sebelum meninggalkan lokasi dan menaiki satu mobil hitam yang menunggu di depan kantor KPU.
 
Dia juga sempat menyatakan masih akan mengkaji apa saja yang menjadi evaluasi dalam debat itu untuk persiapan dalam debat berikutnya.

Selama debat, Gubernur DKI Jakarta Periode 2017-2022 itu selalu dengan lantang menyampaikan tentang penegakan hukum yang berkeadilan dan memperbaiki perangkat hukum yang saat ini dinilai banyak diintervensi oknum petinggi negara.
 
Saat memaparkan visi dan misi, Anies bahkan mengisyaratkan penegakan hukum di Indonesia masih tumpul ke atas dan tajam ke bawah dengan menggunakan isyarat jari tangan yang bengkok.
 
Dalam bahasa tubuhnya itu, dia menegaskan hukum masih sering digunakan sebagai alat oleh oknum penguasa untuk mencapai kepentingan-kepentingan pribadi atau kelompoknya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jari telunjuk kanan dominasi gerak tubuh Anies saat debat

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE