Jenazah Lukas Enembe disambut hela-hili Suku Sentani

id Lukas Enembe,Papua

Jenazah Lukas Enembe disambut hela-hili Suku Sentani

Masyarakat Adat Suku Sentani dan seluruh masyarakat Kampung Harapan di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua melakukan prosesi tangisan meratap (hela-hili) di depan Gedung Stadion Lukas Enembe dan Gereja GKI Filadelfia di Kampung Harapan. (ANTARA/Agustina Estevani Janggo)

Jayapura (ANTARA) - Iring-iringan jenazah mantan Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe  di sambut nyanyian dan tangisan ratapan (hela-hili) oleh masyarakat Suku Sentani di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua.

Tokoh Adat Sentani Dantje Nere di Sentani, Kamis mengatakan masyarakat adat yang juga sebagai warga jemaat GKI Filadelfia Kampung Harapan setempat merasa kehilangan sosok putra terbaik Papua Lukas Enembe yang berjasa bagi masyarakat setempat.

"Hari ini kami berdiri di depan Gedung Stadion Lukas Enembe dan Gereja GKI Filadelfia Kampung Harapan merupakan buah karya mendiang LE," kata dia.

Menurut Dantje, Hela-Hili merupakan wujud kesedihan terdalam yang ditunjukkan untuk mengiringi kepergian tokoh pemimpin tertinggi, yakni dengan meratap menggunakan bahasa daerah Sentani sambil menari melambaikan dedaunan dan bunga-bungaan.

"Kami mengapresiasi massa pengiring karena sangat tertib dan menghargai budaya Suku Sentani saat menyambut kedatangan jenazah Bapak Lukas Enembe di Kampung Harapan," kata dia 

Dia mengatakan seluruh masyarakat kampung, adat, maupun gereja sudah menantikan kedatangan jenazah dengan bunga-bunga sebagai wujud rasa cinta kepada sosok mendiang Lukas Enembe.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jenazah Lukas Enembe disambut hela-hili Suku Sentani di Jayapura

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE