Gunung Dukono di Maluku meletus lontarkan abu setinggi 4.000 meter

id pvmbg,gunung dukono,gunung dukono erupsi,gunung meletus,gunung api aktif,Musibah, bencana

Gunung Dukono di Maluku meletus lontarkan abu setinggi 4.000 meter

Tangkapan layar kamera CCTV yang memperlihatkan kolom abu vulkanik membumbung ke langit keluar dari kawah Gunung Dukono di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, Rabu (3/1/2024). (ANTARA/HO-PVMBG)

Jakarta (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan etusan pada Gunung Dukono di Maluku Utara melontarkan abu vulkanik setinggi lebih kurang 4.000 meter pada Rabu.

"Erupsi terjadi pukul 06.52 WIT," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Dukono, Sarjan Roboke dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.
 
Sarjan menuturkan kolom abu tampak berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal mengarah ke barat daya. Ketika laporan itu dibuat erupsi masih berlangsung.
 
Dia merekomendasikan masyarakat yang berada di sekitar Gunung Dukono untuk tidak beraktivitas, mendaki dan mendekati Kawah Malupang Warirang dalam radius tiga kilometer.
 
Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk selalu menyediakan masker penutup hidung dan mulut guna menghindari ancaman bahaya abu vulkanik pada sistem pernafasan.
 
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gunung Dukono meletus lontarkan abu setinggi 4.000 meter

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE