Pemkab Natuna komitmen tingkatkan ekonomi peternak sapi

id Ekonomi peternak

Pemkab Natuna komitmen tingkatkan ekonomi peternak sapi

Bupati Natuna Wan Siswandi saat memberikan sambutan pada kegiatan Musrenbang tingkat kecamatan di Kecamatan Bunguran Tengah Selasa (23/1). (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau berkomitmen meningkatkan ekonomi para peternak sapi di tahun 2025 dengan meningkatkan bantuan bibit sapi kepada kelompok peternak..
 
Bupati Natuna Wan Siswandi di Natuna, Selasa mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan bantuan bibit sapi kepada kelompok peternak.
 
"Tahun depan (2025) itu diperbanyak peternakan,"  kata Bupati Natuna Wan Siswandi di Natuna, Selas, saat memberi sambutan pada kegiatan Musrenbang tingkat kecamatan di Kecamatan Bunguran Tengah.
 
Kata dia, bantuan bibit sapi merupakan salah satu program yang tepat untuk direalisasikan pasalnya, masyarakat Natuna sudah terbiasa berternak sapi.
 
Hal itu sambung dia terbukti dengan banyaknya populasi sapi di Natuna dan Natuna merupakan salah satu pemasok sapi kurban untuk beberapa daerah di Kepulauan Riau.
 
Ia menjelaskan tahun 2024 Pemkab Natuna sudah menganggarkan Rp1,2 miliar APBD untuk pengadaan bibit sapi.
 
"Bibit sapi ini barang yang sudah terbiasa dengan kita, makanannya banyak disini jadi tidak susah memeliharanya," ujar dia.
 
Selain itu kata dia, Pemkab Natuna juga akan meningkatkan ekonomi para petani dengan memberikan bantuan pupuk.
 
Ia yakin dengan bantuan-bantuan seperti itu ekonomi peternak dan petani akan meningkat.

Terkait untuk perikanan sambung dia, Pemkab Natuna tidak bisa berbuat banyak melalui APBD pasalnya tidak memiliki wewenang, namun pihaknya akan berupaya mencari bantuan dari provinsi dan pusat.
 
Ia berharap bantuan yang diberikan nanti bisa dimanfaatkan dengan baik.
 
"Saya berpesan nanti, sama dengan fisik, untuk sapi, mohon kita (Wakil Bupati Kepala OPD) untuk sama-sama berjuang untuk mencari peluang bantuan di kementerian terkait, kalau kita 1000 sapi, kementerian 2000 kalau kita 1000 mereka 5000," kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE