Satpol PP Natuna terjunkan 40 personel tertibkan APK pada masa tenang

id Peneriban APK Pemilu 2024

Satpol PP Natuna terjunkan 40 personel tertibkan APK pada masa tenang

Pengarahan sebelum penertiban APK dari Kasatpol PP Natuna Irlizar di Pantai Piwang Kecamatan Bunguran Timur pada Minggu (11/2). (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna, Kepri (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, menerjunkan 40 personel guna membantu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Natuna menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang masih terpasang saat masa tenang.

Kepala Satpol PP (Kasatpol PP) Kabupaten Natuna Irlizar di Natuna, Minggu, mengatakan 40 personel tersebut disebar ke empat kecamatan.

Empat kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Bunguran Timur, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kecamatan Bunguran Tengah dan Kecamatan Bunguran Selatan.

"Untuk membantu menertibkan APK yang masih terpasang saat masa tenang," ucap dia.

Menurut dia, pihaknya juga mengerahkan personel untuk membantu Panwaslu di setiap kecamatan yang berada di luar Ibu kota kabupaten atau di pulau-pulau untuk menertibkan APK di wilayah masing-masing.

"Anggota di masing-masing kecamatan tetap terlibat pada pelaksanaan penertiban ini," kata dia.

Menurut dia, penertiban APK merupakan salah satu tugas dari pihaknya pasalnya beberapa APK yang dipasang masuk dalam wilayah pemerintah.

"Karena ada sangkut pautnya dengan peraturan daerah, namun terkait isi konten bukan ranah kami, melainkan ranah Bawaslu," jelas dia.

Kepada para petugas ia berpesan agar selalu berhati-hati dalam bekerja guna menjaga keselamatan diri.

"Untuk teman di lapangan laksanakan tugas dengan baik sesuai aturan, jaga keselamatan jaga ketertiban dan kenyamanan masyarakat, dengan tidak menghambat aktivitas masyarakat," pinta dia.
Petugas saat menertibkan APK Pemilu 2024 di Kecamatan Bunguran Timur pada Minggu (11/2). (ANTARA/Muhamad Nurman)
Sementara, Ketua Bawaslu Kabupaten Natuna Siswandi mengatakan selain Satpol PP, personel Polres Natuna dan personel Kodim 0318/Natuna serta jajaran mereka juga turut membantu mengamankan proses penertiban APK.

"Semuanya ada, kita berkolaborasi dengan TNI, Polri dan pemerintah daerah," ucap dia.

Pihaknya menurunkan tiga unit kendaraan bak terbuka atau lori untuk mengangkut APK yang telah dicabut dan dilepas.

APK yang telah ditertibkan, sambung dia, dibawa ke Kantor Bawaslu Natuna.

"Kita bagi menjadi tiga tim, satu truk ke Bunguran Timur Laut, kemudian satu di Bunguran Timur dan satu lagi ke Bunguran Tengah," ujar dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE