AS dan beberapa negara Arab susun rencana pendirian negara Palestina

id palestina,israel,amerika serikat,timur tengah

AS dan beberapa negara Arab susun rencana pendirian negara Palestina

Pengunjuk rasa mengibarkan bendera Palestina saat berunjuk rasa menuntut gencatan senjata segera di Jalur Gaza. (Anadolu)

Istanbul (ANTARA) - Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara Arab secara aktif terlibat dalam penyusunan rencana pendirian negara Palestina, demikian menurut laporan media AS, Jumat.

Menurut sejumlah pejabat AS dan Arab kepada The Washington Post, ada urgensi untuk menyelesaikan rencana tersebut demi terciptanya perdamaian jangka panjang antara Israel dan Palestina.

Berbagai upaya sedang dilakukan untuk menentukan kerangka waktu bagi pendirian negara Palestina, dan pengumumannya kemungkinan akan dilakukan dalam beberapa pekan mendatang, menurut Post.

Laporan media AS itu mengeklaim bahwa gencatan senjata dan negosiasi pembebasan sandera antara Israel dan Hamas juga termasuk dalam rencana tersebut.

Baca juga: PBB peringatkan imbas dari serangan Israel ke Rafah

Disebutkan pula bahwa gencatan senjata awal selama enam pekan diharapkan dapat memfasilitasi pengumuman rencana ini, menggalang dukungan, dan memulai langkah-langkah pendahuluan.

Menurut Post, para pejabat AS telah mengisyaratkan kemungkinan untuk mengakui negara Palestina itu dan menekankan bahwa pengakuan tersebut bisa menjadi sinyal adanya pendekatan baru terhadap upaya perdamaian di kawasan itu.

Israel tolak...

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE