Wabup Natuna ajak anak-anak tingkatkan literasi

id Literasi

Wabup Natuna ajak anak-anak tingkatkan literasi

Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda (ANTARA/HO-Pemkab Natuna)

Natuna (ANTARA) -
Wakil Bupati Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), Rodhial Huda mengajak anak-anak di daerah itu untuk meningkatkan literasi agar tumbuh menjadi generasi cerdas dan mampu menggunakan informasi secara efektif.
 
Hal itu dikemukakannya saat sambutan pada syukuran hari lahir ke-1 Rumah Baca Kun Anta dan Satu Hari Literasi di Kecamatan Bunguran Batubi,  Minggu. 
 
"Terimakasih Rumah Baca Kun Anta karena sudah menyediakan tempat untuk anak-anak kita belajar. Tolong jaga baik-baik rumah baca ini, jaga anak-anak kita ini, didik anak-anak kita ini karena memang tugas kita sebagai orang tua untuk membimbing, mendidik, memberikan wawasan, agar bisa menjadi anak yang bermanfaat bagi orang tua, agama, nusa dan bangsa," ucap Rodhial Huda. 

Ia mengatakan  mengatakan literasi akan membuat anak-anak menjadi cerdas, karena literasi bisa mengoptimalkan kinerja otak yang memungkinkan seseorang memahami, menganalisis, dan menggunakan informasi secara efektif.
 
Generasi cerdas, lanjutnya, akan memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat pada masa datang.
 
"Kita sebagai orang dewasa wajib mendidik anak-anak kita, ikut campur untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa. Kemudian ajarkan juga kepada anak-anak itu akhlak yang baik. Akhlak itu penting di samping ilmu," ujarnya. 
 
Sementara Pendamping Rumah Baca Kun Anta, Syarifuddin, sepakat bahwa literasi itu sangat penting, sebab akan menambah pengetahuan.
 
Literasi, lanjutnya, akan memperbanyak kosa di dalam kepala yang pada akhirnya akan membuat anak-anak menjadi orang yang cerdas. Oleh karena itu ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan literasi dengan meluangkan waktu untuk membaca selama satu jam dalam sehari.
 
"Kita harus sama-sama mendidik anak-anak kita dengan cara perbanyak anak-anak untuk membaca, karena membaca itu penting sekali untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan," ucapnya. 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE