Pemkot Batam gelar pasar murah jelang Ramadhan

id Kepri,batam ,pasar murah ,jelang ramadhan ,bahan pokok

Pemkot Batam gelar pasar murah jelang Ramadhan

Pemkot Batam bersama Asosiasi Distributor saat melakukan rapat koordinasi operasi pasar murah jelang Ramadhan di Batam (ANTARA/HO-Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau menggelar operasi pasar murah dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan Tahun 2024/1445 Hijriah.

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid di Batam, Selasa mengatakan operasi pasar murah bertujuan untuk menjamin ketersediaan dan keterjangkauan harga bahan pokok.

"Melalui kegiatan ini pemerintah berupaya untuk menyediakan kebutuhan bahan pokok dengan harga yang terjangkau. Karena bahan pokok yang dijual di operasi pasar murah ini langsung dari distributor," ujar Jefridin. 

Baca juga: Pemkot Batam ubah aturan tarif parkir "drop off"

Ia menjelaskan sama seperti tahun sebelumnya, operasi pasar murah ini menyediakan berbagai bahan pokok seperti beras, telur, daging, ayam, cabai merah, bawang merah, bawang putih, tepung, minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya. 

Dalam kegiatan ini, Pemkot Batam menggandeng Asosiasi Distributor Kota Batam, untuk menyiapkan bahan pokok yang dijual.

Pemkot Batam juga meminta masukan Asosiasi Distributor Kota Batam untuk menekan kenaikan harga pangan.

"Masukan dari distributor sangat diharapkan sehingga apa saja yang menjadi kendala di tahun sebelumnya dapat kita benahi sehingga kegiatan tahun ini berjalan dengan sukses," kata dia. 

Baca juga: Sebanyak 1.222 calon jamaah haji Kepri sudah lunasi Bipih

Sebelumnya, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam, Kepulauan Riau memperkuat sinergi dan komitmen dalam upaya menekan inflasi daerah setempat.

Ketua Harian TPID Kota Batam Jefridin Hamid di Batam, Senin mengatakan pada 2023, komoditas penyebab inflasi pada komponen harga bergejolak adalah beras dan cabai.

Komponen harga pangan bergejolak mengalami peningkatan tercatat sebesar 6,73 persen (year on year).

Selain itu, ia menyebutkan gangguan cuaca akibat El Nino menyebabkan produksi pangan, terutama padi dan aneka cabai menjadi tidak optimal.

Baca juga:
Pemerintah siapkan 138 atraksi wisata guna gaet minat wisman ke Batam

Pemkot Batam sebut digital marketing jadi solusi pemasaran modern

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE