Mencicip herkules dan asidah, menu khas berbuka puasa di Ambon

id Ambon, Maluku, Takjil, Ramadhan 2024

Mencicip herkules dan asidah,  menu khas berbuka puasa di Ambon

Kue herkules jadi kudapan khas berbuka puasa di Ambon (Antara/Dedy Azis)

Ambon (ANTARA) - Warga Kota Ambon Maluku menjadikan kudapan ringan herkules dan asidah sebagai menu khas berbuka puasa memasuki Ramadhan  2024.

“Herkules dan Asidah hanya bisa didapatkan saat Ramadhan. Biasanya para penjual takjil dadakan di mana pun di Kota Ambon selalu menyediakan dua kudapan ini,” kata pedagang takjil dadakan Maryam di Ambon, Rabu.

Maryam menjelaskan kue herkules ini terbuat dari bahan tepung custard, agar-agar, santan, jagung manis yang dihaluskan, dimasak, dan dicetak pada wadah berbentuk wajik kemudin disajikan dengan parutan keju di atasnya.

Baca juga: Dinkes Kepri turunkan tim kesehatan pantau dagangan takjil

“Harga herkules ini Rp5.000 per tiga wadahnya,” katanya.

Maryam mengatakan dalam dua hari bulan suci Ramadhan 1445 hijriah ini herkules dagangannya selalu habis dibeli oleh para pemburu takjil di kota itu.

Sementara itu penjual takji lainnya Nursin Ode yang menjual asidah mengatakan kue asidah terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, gula merah, kapulaga, daun pandan, santan dan kayu manis.


Baca juga: Baznas Kepri libatkan 100 pelaku UMKM dalam bazar Kemilau Kampoeng Ramadhan

Kue asidah jadi kudapan khas berbuka puasa di Ambon (Antara/Dedy Azis)

 

“Teksturnya yang kenyal dan rasa manisnya yang pas dengan aroma harum rempah-rempah, menjadikannya takjil yang juga laku keras di Bulan Ramadhan,” katanya.


Baca juga: Dinkes Kepri berikan empat tips tetap sehat dan semangat berpuasa bagi umat Muslim
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Warga Ambon jadikan herkules dan asidah untuk menu khas berbuka puasa

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE