Dinkes Kepri berikan empat tips tetap sehat dan semangat berpuasa bagi umat Muslim

id Tips sehat puasa,kepri,dinkes kepri,dinas kesehatan kepri,ramadhan,puasa,puasa sehat,tips ramadhan,tips puasa

Dinkes Kepri berikan empat tips tetap sehat dan semangat berpuasa bagi umat Muslim

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri Mochammad Bisri. (ANTARA/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memberikan empat tips bagi umat Muslim agar tetap sehat dan semangat selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1445 Hijriah.

Kepala Dinkes Kepri Mochammad Bisri di Tanjungpinang, Selasa, mengatakan tips pertama, yaitu minum air putih yang cukup karena saat tubuh kekurangan cairan akan mudah merasa lelah, lemas, hingga mengantuk saat berpuasa di siang hari.

"Minum air putih pada bulan Ramadhan bisa menggunakan pola 2-4-2, yakni dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas setelah makan malam, dan dua gelas lagi saat sahur, sehingga tubuh tetap terhidrasi secara cukup," kata dia.

Tips kedua, mengurangi aktivitas yang tidak diperlukan saat berpuasa guna menghindari dehidrasi sekaligus menjaga stamina tubuh tetap stabil dan bertahan hingga saat buka puasa tiba.

Tips ketiga, mengupayakan tetap memenuhi nutrisi harian dengan makan-makanan yang bergizi saat sahur, berbuka, dan makan malam, misalnya mengonsumsi buah-buahan, sayuran, daging sapi, hingga daging ayam.

"Mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi, seperti nasi atau kentang. Bisa juga daging ataupun kacang-kacangan," ujarnya.

Tips keempat, dianjurkan umat mengonsumsi vitamin supaya tubuh tidak lemas dan kuat berpuasa. Demikian pula tidur yang cukup juga penting agar stamina tetap stabil.

"Jaga asupan air yang cukup, nutrisi seimbang, mengonsumsi buah dan sayuran, serta olahraga secukupnya," ujar Bisri.

Ia mengimbau umat Muslim yang melaksanakan ibadah puasa tidak menghabiskan waktu untuk bermalas-malasan, misalnya tidur seharian.

Sebaliknya, katanya, tetap melakukan pekerjaan rutin harian namun tidak terlalu dipaksakan supaya kuat berpuasa hingga sore hari.

"Perbanyak amal ibadah selama Ramadhan seperti shalat, sedekah dan membaca Al Quran, karena pahalanya akan dilipat gandakan oleh Allah SWT," demikian Bisri.

Baca juga:
Perumda Natuna beri pelayanan air gratis ke masjid selama Ramadhan

Yuk simak kiat main "game" bawa pahala di Bulan Suci Ramadhan ala Habib Ja'far

Pedagang bunga di TPU Batam mendapat berkah Ramadhan

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE