Gempa guncang Kapuas Hulu Kalbar

id Kalbar,Kapuas Hulu,gempa

Gempa guncang Kapuas Hulu Kalbar

Petugas BMKG Pangsuma Kapuas Hulu bersama pihak kepolisian melakukan pemantauan peta gempa yang terjadi di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. ANTARA/HO-BMKG Pangsuma Kapuas Hulu (Teofilusianto Timotius)

Kapuas Hulu (ANTARA) - Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) BMKG Pangsuma Kapuas Hulu Ridwan Nugraha mengatakan  gempa bumi menggetarkan Desa Jelemuk dan Desa Nanga Manday di Kecamatan Bika Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

"Guncangan yang terjadi itu gempa yang bersifat lokal adanya pergeseran lempeng bumi dan kami imbau masyarakat untuk tetap siaga, karena dikhawatirkan terjadi gempa susulan," kata Ridwan Nugraha, dihubungi ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Selasa malam.

Ridwan menyampaikan dari laporan yang diterima, guncangan terjadi sebanyak tiga kali, yang pertama terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, kemudian yang kedua sekitar pukul 20.00 WIB selanjutnya terjadi lagi sekitar pukul 21.00 WIB, Selasa (19/03).

Menurut dia, berdasarkan informasi yang didapatkan dari Stageof Balikpapan, Katingan Kalimantan Tengah dan Pgr 7 Jogja sebagai penanggung jawab wilayah Kalimantan Barat, untuk guncangan yang terjadi itu gempa yang bersifat lokal dan belum bisa dianalisa karena kurangnya titik-titik sensor gempa dan untuk menganalisa membutuhkan titik-titik sensor yang berdekatan.

"Jadi, kami belum bisa mengetahui kekuatan guncangan akibat gempa tersebut, namun kami masih terus berupaya berkoordinasi agar secepatnya bisa dilakukan analisa," kata Ridwan.

Ia juga mengatakan gempa itu disebabkan terjadinya pergeseran lempeng, sehingga kepala masyarakat diminta untuk selalu siaga untuk mengantisipasi gempa susulan.

Ridwan Nugraha mengatakan pihaknya masih berupaya untuk melakukan analisa terhadap gempa yang mengguncang Desa Jelemuk dan Nanga Manday Kecamatan Bika, wilayah Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat.

"Guncangan yang terjadi itu gempa bersifat lokal, untuk mengetahui kekuatan guncangan tersebut kami masih berupaya mendekatkan titik-titik sensor gempa," kata Ridwan Nugraha, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Rabu dini hari.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Gempa di Kapuas Hulu guncang Jelemuk dan Nanga Manday

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE