Presiden Jokowi resmikan Bandara Singkawang Kalbar

id PRESIDEN JOKOWI,BANDARA SINGKAWANG,KALIMANTAN BARAT,joko widodo,presiden ri,bandara kalbar,peresmian bandasa kalbar

Presiden Jokowi resmikan Bandara Singkawang Kalbar

Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Singkawang, di Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu (20/3/2024). ANTARA/Benardy Ferdiansyah

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandar Udara (Bandara) Singkawang, di Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu.

"Dengan mengucap bismilahirohmanirohim, pada pagi hari ini, saya resmikan Bandar Udara Singkawang di Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat," kata Presiden Jokowi, disaksikan secara daring melalui tayangan langsung YouTube Sekretariat Presiden, di Jakarta, Rabu.

Presiden menjelaskan bahwa Bandara Singkawang dibangun melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU), dan juga bantuan corporate social responsibility (CSR) dari para pengusaha lokal di Kota Singkawang.

Berdasarkan laporan dari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Presiden menyebutkan dana pembangunan Bandara Singkawang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp272 miliar, dan juga dari para pengusaha lokal Rp155 miliar.

Presiden Jokowi menyampaikan jika skema KPBU maupun bantuan CSR tersebut bisa dilakukan di banyak proyek lainnya seperti bandara dan pelabuhan, maka akan mempercepat pembangunan infrastruktur di tanah air.

"Artinya, orang-orang yang berasal dari kota itu, orang-orang yang berasal dari kabupaten itu, orang-orang yang berasal dari provinsi itu, juga ikut berpartisipasi terhadap daerahnya masing-masing," ujar Presiden.

Bandara Singkawang dibangun mulai 2019-2023 dan ditargetkan beroperasi pada April 2024. Bandara itu memiliki runway sepanjang 1.400 m x 30 m, taxiway 200 m x 18 m, apron 100 m x 50 m, dan terminal kargo seluas 312 meter persegi yang dibangun menggunakan APBN.

Sedangkan, gedung terminal penumpang seluas 8.000 meter persegi dan perpanjangan runway menjadi 2.000 m dibangun menggunakan dana CSR. Dengan runway sepanjang 2.000 m, Bandara Singkawang dapat didarati pesawat Airbus A320.

Baca juga:
Jokowi akan resmikan Bandara Singkawang di Kalbar

Istana: Tak ada pembahasan hak angket antara Jokowi dan 2 menteri PKB

Presiden Jokowi resmikan pelaksanaan IJD di Sumatera Utara



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden meresmikan Bandara Singkawang Kalbar

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE