Timnas Indonesia kokoh di posisi kedua kualifikasi Piala Dunia, setelah dua kali taklukkan Vietnam

id Klasemen timnas Indonesia,piala dunia,kualifikasi

Timnas Indonesia kokoh di posisi kedua kualifikasi Piala Dunia, setelah dua kali taklukkan Vietnam

Striker timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen berselebrasi seusai mencetak satu gol dalam kemenangan 3-0 Indonesia atas Vietnam dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024). (ANTARA/Ho/PSSI)

Jakarta (ANTARA) - Timnas Indonesia semakin kokoh di posisi kedua pada klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F dengan tujuh poin setelah menaklukkan Vietnam dua kali yaitu di Jakarta, Kamis (21/3) dengan skor 1-0 dan di Hanoi, Selasa dengan skor 3-0.

Pada pertemuan pertama, Egy Maulana Vikri menjadi kartu as pelatih Shin Tae-yong setelah mencetak gol kemenangan pada menit ke-52 usai dimasukkan di babak kedua.

Pada hari ini, tiga pemain timnas mencatatkan namanya ke papan skor, yaitu bek jangkung Jay Idzes (9'), debutan anyar Ragnar Oratmangoen (22'), dan sang striker yang kembali mendapatkan menit bermain, Ramadhan Sanantha (90+8').

Baca juga: Penyerang Timnas Vietnam siap beri kekalahan untuk Indonesia

Dua kemenangan atas Vietnam ini sekaligus menandai kebangkitan Indonesia setelah hanya meraih satu poin dari dua laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F, November tahun lalu yang membuat posisi Garuda sempat terbenam di posisi ketiga dengan satu poin.

Saat itu, Indonesia mengawali kualifikasi dengan dibantai Irak 1-5 di Stadion Internasional Basra pada 16 November dan lima hari setelahnya hanya sanggup bermain imbang 1-1 melawan tim tuan rumah Filipina di Stadion Rizal Memorial, pada 21 November.

Dua kemenangan melawan Vietnam ini menjadi modal berharga Indonesia jelang menutup kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F dengan laga yang dimainkan di kandang pada bulan Juni nanti saat melawan Irak dan Filipina.

Dengan dua laga penutup yang dimainkan di kandang, Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi dua peringkat teratas grup yang lolos ke putaran ketiga atau semakin dekat dengan pintu Piala Dunia 2026 yang dimainkan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Baca juga: Vietnam jamu Indonesia di Piala Dunia 2026 zona Asia

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, mengatakan bahwa tim nasional harus tetap fokus untuk menghadapi laga selanjutnya, meski menang 3-0 melawan Vietnam dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026.
 
Ia menekankan, penggawa timnas harus tetap tenang dan fokus agar bisa lolos tahap berikutnya, walaupun kemenangan hari ini, Selasa, di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam merupakan pertama kalinya setelah yang terakhir pada 2004.
 
"Terakhir Indonesia menang di Vietnam itu saat Piala AFF yang namanya masih Piala Tiger pada 2004. Ini menjadi bukti perubahan baik dari sisi kualitas dan mental bertanding yang mengalami peningkatan signifikan," kata Erick dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta.
 
Erick mengaku bangga dengan perjuangan Timnas Indonesia.
 
Menurut dia, penampilan Rizky Ridho dan lainnya harus diapresiasi, karena mampu melumat Vietnam melalui gol dari Jay Idzes pada menit ke-9, Ragnar Oratmangoen menit ke-23, dan Ramadhan Sananta di pengujung laga pada menit ke-98 dalam kualifikasi Piala Dunia zona Asia di Grup F.
 
Pria yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menyampaikan, kemenangan skuad Garuda tersebut bukan sekadar meraih tiga poin semata.

Baca juga: Menang lawan Vietnam, Indonesia naik ke peringkat dua klasemen Grup

 
Kemenangan itu, lanjut dia, juga menjadi titik kebangkitan timnas untuk pertandingan internasional, saat berhasil menang di kandang Vietnam setelah 20 tahun.



Klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F:
 
No Negara Main Menang Seri Kalah Gol Kemasukan Selisih gol Poin
1 Irak 4 4 0 0 12 1 11 12
2 Indonesia 4 2 1 1 6 6 0 7
3 Vietnam 4 1 0 3 2 5 -3 3
4 Filipina 4 0 1 3 1 9 -8 1



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Indonesia kokoh di posisi kedua setelah dua kali taklukkan Vietnam

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE