PVMBG cabut peringatan mengenai bahaya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang

id pvmbg,gunung ruang,peringatan tsunami,erupsi gunung ruang,gunung meletus,Hendra Gunawan ,Gempa,Tsunami,Sulut,Sulawesi Ut,bahaya tsunami

PVMBG cabut peringatan mengenai bahaya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang

Arsip - Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara saat masih mengeluarkan asap vulkanik, Jumat (19/4/2024). ANTARA/HO-Basarnas/pri.

Jakarta (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengumumkan pencabutan peringatan tsunami yang sebelumnya dikeluarkan untuk menghindari bahaya yang timbul akibat erupsi besar Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro Provinsi Sulawesi Utara.
 
"Potensi erupsi besar menurun, sehingga kecil kemungkinan potensi tsunami," kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.
 
Pada 1-21 April 2024 sampai pukul 12.00 WITA, PVMBG mencatat ada 10 kali erupsi di Gunung Ruang yang dimulai pada tanggal 16 April 2024 pukul 13.37 WITA.
 
Erupsi besar tercatat pada tanggal 17 April 2024 pukul 20.15 WITA, yang merupakan erupsi menerus disertai suara gemuruh dan getaran terasa hingga ke Pos Pengamatan Gunung Ruang di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang.
 
Pada saat kejadian erupsi itu visual di Pulau Ruang teramati erupsi eksplosif disertai dengan lontaran material pijar dan awan panas. Bahkan, hujan batu dan pasir terjadi di Pulau Tagulandang yang berjarak 10 kilometer dari Gunung Ruang.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PVMBG cabut peringatan bahaya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE