PBB dukung dermaga terapung Gaza

id PBB,dermaga apung Gaza,bantuan kemanusiaan

PBB dukung dermaga terapung Gaza

Prajurit Angkatan Darat AS yang ditugaskan di 7th Transportation Brigade (Expeditionary) dan para pelaut yang tergabung dalam kapal MV Roy P. Benavidez merakit dermaga terapung untuk dikerahkan di lepas pantai Gaza untuk mendukung Operation Neptune Solace, 26 April 2024. (ANTARA/ANTARA/HO-Departemen Pertahanan AS)

Hamilton, Kanada (ANTARA) - PBB pada Jumat (17/5) mengumumkan mereka akan mendukung dermaga terapung di lepas pantai Gaza, asalkan netralitas operasi kemanusiaan dihormati.

"PBB setuju untuk mendukung penerimaan dan mengatur pengiriman bantuan ke Gaza dari dermaga apung selama mereka menghormati netralitas dan independensi operasi kemanusiaan," kata wakil juru bicara PBB, Farhan Haq, kepada wartawan.

Persetujuan itu, kata Haq, dicapai setelah PBB berdiskusi selama berbulan-bulan dengan semua otoritas terkait. 

Sambil menekankan bahwa pelabuhan tersebut dapat melengkapi jalur darat yang ada untuk memenuhi "kebutuhan besar" di Gaza, Haq mengatakan, "Ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan penyeberangan apa pun."

Haq menyebutkan bahwa bantuan yang datang ke sana sepenuhnya bersifat kemanusiaan. Ia menambahkan bahwa bantuan akan diberikan oleh "sejumlah negara dan organisasi kemanusiaan."

Mengingat perlintasan perbatasan Rafah masih ditutup, Haq mengatakan situasi keamanan di perlintasan perbatasan Kerem Shalom terus menghambat distribusi bantuan kemanusiaan.


Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PBB dukung dermaga terapung Gaza, tekankan netralitas kemanusiaan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE