Bedah Rumah Pulau Pesisir Batam Terkendala Hujan

id bedah, rumah, karas, kate, batam, wakil, wali, kota, rudi

Batam (ANTARA News) - Penyelesaian program bedah rumah Pemerintah Kota Batam yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau di pulau pesisir terkendala hujan.

"Pembangunan rumah di daratan pulau-pulau yang menggunakan batako terkendala hujan yang beberapa hari terakhir mengguyur," kata Lurah Karas Kate, Ute Rambe, di Kota Batam, Senin.

Pemkot Batam merencanakan membedah sembilan rumah di Kelurahan Karas Kate, Kecamatan Galang, tiga diantaranya rumah panggung di atas laut dan enam lainnya rumah di darat.

Menurut Lurah, rumah panggung di atas laut sudah dalam proses penyelesaian di atas 60 persen.

Dana  pemerintah untuk memperbaiki setiap rumah Rp16 juta, baik untuk pembangunan rumah penggung laut, maupun rumah di darat.

Ia mengatakan dana yang diberikan pemerintah digunakan untuk membeli bahan, sedangkan pengerjaannya dilakukan masyarakat bergotong-royong.

"Keseluruhan pengerjaan program bedah rumah dilakukan oleh masyarakat, namun tetap mengacu pada gambar kontruksi dan arahan dari Dinas Sosial Kota Batam," kata Ute Rambe.

Sementara itu, Ute mengatakan harapan program bedah rumah untuk Kelurahan Karas Kate dilanjutkan, dan semakin banyak warga yang mendapat bantuan.

Wakil Walikota Batam Rudi mengatakan program bedah rumah adalah salah satu dari beberapa program pengentasan kemiskinan dari pemkot dan pemprov.

Program bedah rumah ini sangat bermanfaat dan menyentuh langsung kepada masyarakat terutama warga hinterland karena dapat dinikmati selamanya," kata Wakil Wali Kota.

Pemkot Batam bersama Pemprov Kepri memberikan bantuan perbaikan kepada 300 rumah di 11 kecamatan Kota Batam.

Pemprovi menyiapkan anggaran Rp3 miliar, ditambah sekitar Rp1,5 miliar dari Pemkot Batam.

Pemerintah menganggarkan bahan bangunan senilai Rp16.365.000 untuk rumah yang berdiri di atas laut dan Rp12.465.000 untuk rumah di daratan.    

(Y011/K005)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE