RSUDAM: Operasi kembar siam pertama di Lampung berhasil

id RSUDAM Lampung, operasi kembar Siam pertama, kesehatan Lampung, bedah anak Lampung

RSUDAM: Operasi kembar siam pertama di Lampung berhasil

Kedua pasien anak kembar siam tengah menjalani perawatan intensif oleh tim dokter RSUDAM. Bandarlampung, Kamis (16/3/2023). ANTARA/HO- RSUDAM.

Bandarlampung (ANTARA) - Operasi kembar siam pertama di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Lampung berjalan baik. 

Ketua Tim Bedah Kembar Siam RSUDAM dr. Billy Rosan Sp.BA di Bandarlampung, Kamis (16/3/2023) mengungkapkan, operasi kembar siam sudah dilaksanakan pada, Rabu (15/3/2023).

"Tepat pada pukul 07.00 WIB kedua bayi kembar siam telah masuk ruang operasi dan pelaksanaan operasi dilakukan pada pukul 11.00 WIB. Operasi ini dilakukan oleh tim dokter RSUDAM dibantu oleh tim Rumah Sakit Dokter Soetomo," ujarnya

Ia mengatakan dalam pelaksanaan operasi bedah kembar siam beradu dada depan atau xipho-omphalopagus, yang cukup sulit dilakukan adalah pelaksanaan pemisahan hati karena rawan mengalami pendarahan.

"Pelaksanaan operasi berjalan lancar dan kedua bayi berhasil dipisahkan," ucapnya.

Baca juga: 70 dokter akan tangani operasi pemisahan kembar siam di RSUDAM

Menurut dia pelaksanaan operasi pemisahan tersebut memakan waktu lebih cepat dari perkiraan yakni hanya 4,5-5 jam, dari perkiraan mencapai 12 jam pelaksanaan operasi.

"Jadi pemisahan hati memakan waktu 2 jam, pemisahan tulang dada bagian bawah 1 jam, dan untuk pelaksanaan penutupan dinding dada serta perut dilakukan di ruang operasi terpisah memakan waktu 2 jam. Jadi total lama operasi bisa lebih cepat hanya 4,5-5 jam saja," kata dia.

Dia menjelaskan kondisi terkini dari kedua pasien anak yang menjalani operasi pemisahan kembar siam itu dalam kondisi stabil, dan masih dalam pengawasan intensif dari tim dokter.

Baca juga: RSBP Batam tambah 10 layanan praktik dokter sore

"Saat ini yang paling penting adalah menjaga kondisi pasien tetap stabil. Kemarin bayi langsung ditaruh ke ruangan Pediatric Intensive Care Unit (PICU) untuk mengawasi kondisi pasien," ujar dia lagi.

Diketahui pada, Rabu (16/3/2023) RSUDAM telah melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam pertama di daerahnya yang berasal dari Kabupaten Lampung Utara, pelaksanaan bedah anak itu melibatkan 70 orang dokter yang berasal dari RSUDAM serta Rumah Sakit Umum Daerah Dr Soetomo.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Operasi kembar siam pertama di Lampung dinyatakan berhasil

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE