Badan Geologi akan ledakkan batuan material Gunung Marapi Sumbar

id Badan geologi,Gunung marapi

Badan Geologi akan ledakkan batuan material Gunung Marapi Sumbar

Operator mengoperasikan alat berat saat melakukan normalisasi sungai di kawasan Simpang Manunggal, Nagari Limo Kaum, Tanah Datar, Sumatera Barat, Minggu (2/6/2024). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/foc.

Jakarta (ANTARA) -
Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Muhammad Wahid menyampaikan pihaknya bersama dengan kementerian dan lembaga terkait dalam waktu dekat akan melakukan peledakan batuan material Gunung Marapi d Sumatera Barat.
 
Wahid menerangkan pihaknya sejak pekan lal berkoordinasi dengan BNPB, BMKG, serta Kementerian PUPR untuk memastikan langsung posisi sebaran batu-batu besar dari material erupsi Gunung Marapi tersebut.
 
“Sejak minggu lalu BNPB, stakeholder terkait berkoordinasi dengan Badan Geologi sudah sama-sama turun ke lapangan untuk memeriksa posisi material batu-batu yang besar. Kami coba antisipasi dengan diledakkan agar batu yang besar ini jangan menjadi sumbatan,” kata Wahid dalam konferensi pers pada Kamis.
 
Peledakan batu-batu besar tersebut dimaksudkan untuk mencegah perluasan banjir ketika terjadi hujan akibat timbunan material di satu lokasi yang menyumbat aliran air.
 
Selain itu, jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi di bagian hulu sungai, maka material batuan tidak kembali tergerus ke hilir dan menjadi ancaman bagi masyarakat.

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan berbagai letusan gunung api di wilayah pulau Sumatera maupun Jawa yang terjadi dalam waktu berdekatan tidak ada hubungannya dengan lokasi Indonesia yang berada di Lingkaran Cincin Api Pasifik atau ring of fire.
 
Pasalnya, kemunculan aktivitas gunung api disebabkan aktivitas tektonik di bawah permukaan bumi. Di samping itu, 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Badan Geologi akan ledakkan batuan material Marapi cegah banjir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE