Masyarakat Tanjungpinang lestarikan pawai obor keliling sambut Idul Adha

id Tanjungpinang, Kepri, takbir keliling,kampung bugis,idul adha, pawai obor, idul adha 1445 H, 1445 hijtiahijiriah

Masyarakat Tanjungpinang lestarikan pawai obor keliling sambut Idul Adha

Warga Kampung Bugis di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), menggelar pawai obor dan takbir keliling untuk menyambut malam Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Minggu (16/6/2024). (ANTARA/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Masyarakat Kampung Bugis di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), masih melestarikan pawai obor dan takbir keliling untuk menyambut malam Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Ratusan warga mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan ibu-ibu pengajian ikut memeriahkan pawai obor sekaligus takbir keliling tersebut.

"Pesertanya mencapai ratusan orang yang berasal dari warga dan perwakilan surau/masjid di Kampung Bugis," kata Abdul Rahim, salah seorang penginisiasi pawai obor dan takbir keliling, Minggu malam.

Para peserta pawai obor dan takbir keliling mulai bergerak dari depan Masjid Nurul Haq, kemudian berkeliling menelusuri gang hingga jalan-jalan besar di kawasan Kampung Bugis.

Baca juga: Pemkab Natuna sambut Idul Adha 1445 H dengan pawai takbir keliling

Mereka khususnya anak-anak berjalan sambil memegang obor yang terbuat dari bambu dan pada bagiannya dipasang kain yang disiram dengan minyak tanah supaya mengeluarkan api.

Sebagian peserta lainnya menabuh gendang menggunakan ember sembari melantunkan kalimah takbir.

Di belakang para peserta pawai obor keliling terdapat iring-iringan pengendara sepeda motor sebagai pelengkap kemeriahan suasana malam takbiran Idul Adha di Kampung Bugis.

"Kami juga membuat ornamen masjid yang dibawa menggunakan mobil pick up dan sepeda motor roda tiga," ujar Rahim

Baca juga: Gereja Katedral Jakarta sumbang seekor sapi ke Masjid Istiqlal

Pemuda lainnya Ansyari Idris menyebut pawai obor keliling rutin setiap tahunnya digelar di Kampung Bugis sebagai penanda datangnya hari raya, baik Idul Fitri maupun Idul Adha.

Ia yang juga menjadi bagian dari panitia pelaksana berharap pawai obor dan takbir keliling tetap dilaksanakan, selain untuk menyambut Lebaran juga menjadi bagian dari tradisi di tanah Melayu, Provinsi Kepri.

"Kegiatan seperti ini harus terus didorong untuk merajut kebersamaan dan persatuan warga, khususnya di Kelurahan Kampung Bugis," ucapnya.

Pemkot Tanjungpinang juga menggelar acara takbir keliling menggunakan aneka jenis kendaraan guna memeriahkan malam takbiran Idul Adha yang diikuti ratusan peserta.

Acara pelepasan dipusatkan di Terminal Sei Carang yang dilakukan secara simbolis oleh Pj Wali Kota Tanjungpinang Andri Rizal Siregar.

Baca juga: PLN Natuna siagakan 70 pesonel jelang dan selama Idul Adha

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE