BPJS Kesehatan Natuna-Kepri beri pelayanan daring ke warga pulau penyangga

id BPJS Kesehatan ,pulau penyangga,kabupaten natuna,pelayanan jkn,jkn kis,layanan bpjs daring,layanan bpjs online,kepri,natuna, bpjs, layanan kesehatan

BPJS Kesehatan Natuna-Kepri beri pelayanan daring ke warga pulau penyangga

Screen shoot layar proses pelayanan JKN-KIS daring Desa Pulau Tiga (ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Natuna)

Natuna (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) memberikan pelayanan melalui dalam jaringan (daring) atau online kepada warga di pulau-pulau penyangga di daerah itu.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Natuna Muhammad Asyir Annur melalui sambungan telepon dari Natuna, Minggu, mengatakan langkah tersebut diambil guna memudahkan warga untuk mendapatkan pelayanan terkait Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) atau mendekatkan layanan kepada warga.

"Program ini untuk menjangkau desa yang berada jauh dari ibukota kabupaten," ucapnya. 

Baca juga: Rudi optimistis gairah investasi Batam meningkat pada 2024

Ia menjelaskan pada program ini proses pelayanan dilakukan menggunakan media daring dan setiap masyarakat yang ingin mendapatkan layanan akan dikumpulkan oleh pihak desa setempat.

"Masyarakat dikumpulkan melalui desa atau puskesmas," ujar dia.

Ia mengatakan kegiatan sudah berjalan sejak dua pekan lalu, dimulai dari Desa Pulau Tiga dan dijadwalkan ke desa-desa terjauh lainnya.

"Target kami semua desa (terjauh)," imbuh dia.

Menurut dia, pelayanan daring sama saja dengan pelayanan tatap muka, namun perbedaan terletak pada metodenya.

Baca juga: Layanan shuttle bus di pelabuhan Batam beri kemudahan bagi wisman

"Nanti masyarakat dikumpulkan, kemudian masyarakat akan dilayani satu-persatu melalui zoom, dan layanannya sama dengan di kantor. Tujuan kita mendekatkan layanan ke masyarakat. Soalnya kalau mereka yang datang jauh dan mengeluarkan banyak biaya," tuturnya. 

Untuk itu pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Natuna terkait pelayanan JKN-KIS. Pihak desa bisa langsung meminta pendampingan terkait pelayanan JKN-KIS.

"Jadi bagi desa yang mau memfasilitasi warganya, kami siap membantu dan siap menyesuaikan waktunya," kata Muhammad Asyir Nuur.

Baca juga: KPU Natuna-Kepri sosialisasikan kode etik ke badan ad hoc

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPJS Kesehatan beri pelayanan online jangkau warga di pulau penyangga

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE