Kababinkum TNI: Pendekatan ekonomi perlu dikedepankan jaga Laut Natuna Utara

id Laut Natuna Utara,perbatasan Indonesia Natuna,Kedaulatan Indonesia Natuna,ZEE Indonesia Natuna,seminar nasional Disjarah

Kababinkum TNI: Pendekatan ekonomi perlu dikedepankan jaga Laut Natuna Utara

Kepala Badan Pembinaan Hukum (Kababinkum) TNI Laksamana Muda TNI Kresno Buntoro berbicara dalam Seminar Nasional Sejarah TNI Angkatan Laut Tahun Anggaran 2024 bertajuk “ Perspektif Historis Penanganan Konflik di Laut Natuna Utara dan di Papua” yang digelar Dinas Sejarah TNI AL (Disjarahal) di Balai Samudera, Jakarta, Senin (8/7/2024). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pembinaan Hukum (Kababinkum) TNI Laksamana Muda TNI Kresno Buntoro berpendapat pendekatan ekonomi, sosial, dan budaya perlu dikedepankan dalam menjaga hak berdaulat Indonesia di Laut Natuna Utara.

Laut Natuna Utara merupakan perairan di utara Laut Natuna yang merupakan daerah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di Laut China Selatan.

Dalam Seminar Nasional Sejarah TNI Angkatan Laut di Jakarta, Senin (8/7), Kresno mengusulkan tiga pendekatan untuk memperkuat posisi Indonesia di Laut Natuna Utara, yaitu dengan pendekatan legal, operasi, dan pendekatan ekonomi, sosial, budaya.

“Yang pertama legal, yang kedua operasi, yang ketiga hegemoni ekonomi, sosial dan budaya. Justru, ekonomi, sosial dan budaya ini yang mungkin dikedepankan,” kata Kababinkum TNI saat berbicara dalam seminar bertajuk “Perspektif Historis Penanganan Konflik di Laut Natuna Utara dan di Papua” yang digelar oleh Dinas Sejarah TNI Angkatan Laut (Disjarahal) di Jakarta, Senin.

Terkait pendekatan ekonomi, sosial, dan budaya, Kresno menyebut Indonesia dapat menjajaki kerja sama pertukaran ahli (expert exchange), pertukaran taruna/siswa (student exchange), ataupun pertukaran perwira/pegawai pemerintahan (officer exchange) dengan negara-negara yang wilayahnya berbatasan dengan Indonesia di Laut Natuna Utara.

“Ketika bicara ekonomi, sosial, budaya, exchange experts, exchange student, termasuk officer saya kira harus diperbanyak untuk daerah China, Vietnam, dan sebagainya,” kata Kresno.

Kemudian, Kresno juga meyakini perlu ada penjajakan untuk melihat peluang kerja sama investasi (joint investment) mengelola ZEE Indonesia di Laut Natuna Utara.

Namun untuk itu, Kresno mengingatkan perlunya ada pemahaman yang lengkap atas potensi sumber daya Indonesia di perairannya, termasuk di wilayah ZEE-nya di Laut Natuna Utara. Menurut Kresno, tanpa ada pengetahuan yang lengkap atas potensi sumber daya itu, sulit untuk memproyeksikan kepentingan nasional Indonesia di perairannya, termasuk di Laut Natuna Utara.

“Indonesia setidaknya harus fully known the resources, ketika bicara itu tidak hanya hayati, tetapi harus tahu yang belum dikerjakan dan digarap,” kata Kresno.







Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kababinkum: Pendekatan ekonomi perlu dikedepankan jaga Natuna Utara

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE