Pemkab Natuna menyediakan beasiswa kuliah di Universitas Pertamina

id Pertamina,Beasiswa ,Universitas ,Sobat bumi Natuna,Pemkab Natuna,Kerjasama ,Kuliah gratis,Kemenparekraf,kepri,natuna,beasiswa kuliah,beasiswa pertamin

Pemkab Natuna menyediakan beasiswa kuliah di Universitas Pertamina

Kepala Bagian Kerja Sama Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna Faisal Firman (ANTARA/Dokumen Pribadi)

Natuna (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau menyediakan beasiswa kuliah di Universitas Pertamina untuk anak kurang mampu namun berprestasi di wilayah setempat.

Kepala Bagian Kerja Sama Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna Faisal Firman saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Kamis, mengatakan seleksi program itu telah dibuka sejak Juli 2024 dan berakhir pada Jumat (9/8) dengan kuota 15 orang.

"Besok pendaftaran ditutup," ucap dia.

Ia menjelaskan beasiswa ini hasil kerja sama Pemkab Natuna dan Pertamina. Dalam kerja sama ini semua biaya kuliah ditanggung pihak Pertamina.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, kata dia, para calon penerima harus mendaftarkan diri dan mengikuti tes yang dilakukan Pertamina, sedangkan Pemkab Natuna membantu menyediakan fasilitas seleksi.

"Seleksi nanti dilakukan di SMA N 1 Bunguran Timur (Kabupaten Natuna)," ujar dia.

Dia menjelaskan setiap peserta yang lulus seleksi akan diuntungkan, sebab beasiswa diberikan secara penuh dan akan mendapatkan bantuan biaya hidup.

"Salah satu syaratnya adalah putra atau putri asli Natuna, yang dibuktikan dengan kartu keluarga," kata dia.

Beasiswa yang sama juga telah didapatkan oleh anak Natuna pada 2023 dengan kuota 15 orang.

"Tahun lalu ada 18 orang yang lulus di Pertamina, 15 orang melalui Jalur Sobat Bumi Natuna dan tiga orang melalui Jalur 3T," kata dia.

Beasiswa yang didapat oleh anak-anak Natuna tidak hanya dari Pertamina, melainkan juga beberapa perguruan tinggi lainnya.

Ia mengatakan Pemkab Natuna juga mendapatkan 10 kuota beasiswa kuliah di Politeknik Pariwisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Ada banyak dan beasiswa-beasiswa itu hasil kerja sama antara Pemkab Natuna dengan perguruan tinggi, kementerian dan lembaga pemerintahan," katanya.

Baca juga:
BPS Natuna berikan pemahaman statistik pada aparat desa

Bakamla RI kerahkan KN Tanjung Datu jemput nelayan Natuna di perbatasan

Pemprov Kepri sambut konektivitas kabel bawah laut antarnegara

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE