KPU Batam sebut satu lagi calon kepala daerah akan daftar Kamis

id Kepri,batam ,pilkada ,KPU ,daftar paslon ,PDIP

KPU Batam sebut satu lagi calon kepala daerah akan daftar Kamis

Ketua KPU Kota Batam Mawardi (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Kepulauan Riau menyebutkan satu lagi bakal pasangan calon kepala daerah akan mendaftar untuk mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) daerah setempat pada Kamis.

Ketua KPU Kota Batam Mawardi di Batam, Rabu, mengatakan pihaknya menerima surat pemberitahuan rencana pendaftaran pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota untuk Pilkada 2024, dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Batam.

Surat pemberitahuan tersebut bernomor 793/EX/DPC.30.02/VIII/2024 tersebut ditandatangani langsung oleh Ketua DPC PDIP Kota Batam, Nuryanto dan Sekretaris DPC  PDIP Kota Batam, Ernawati pada 28 Agustus 2024. 

"Kami hari ini sudah menerima surat pemberitahuan pendaftaran calon kepala daerah dari PDIP. Dalam surat pemberitahuan itu hanya disebutkan bahwa pendaftaran bakal calon kepala daerah akan dilaksanakan pada Kamis 29 Agustus 2024, pukul 16.00 WIB dengan membawa dokumen persyaratan calon. Tapi nama pasangan calonnya tidak disebutkan," kata Ketua KPU Kota Batam Mawardi.

Berdasarkan informasi yang beredar, Ketua DPC PDIP Kota Batam yang juga merupakan anggota DPRD Kota Batam terpilih, Nuryanto, disebut-sebut akan menjadi calon wali kota yang diusung partai berlambang banteng bermoncong putih itu.

Ketua KPU mengatakan apabila Nuryanto benar maju dalam pilkada Batam 2024, maka ketua DPC PDIP Kota Batam itu harus menyerahkan surat pengunduran diri dari partai politik sebagai anggota DPRD Batam terpilih.

"Kalau dia (Nuryanto) maju di Pilkada Batam, tetap dilantik dulu (sebagai anggota DPRD Batam). Kemudian mengajukan surat pengunduran diri dari partai politik dam surat keputusannya paling lambat disampaikan pada22 September, sebelum penetapan pasangan calon," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan Calon Kepala Daerah DPC PDIP Kota Batam Tumbur M Sihaloho membenarkan adanya surat pemberitahuan pendaftaran calon kepala daerah tersebut. 

Terkait pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang akan diusung masih akan dibahas dalam rapat internal partai.

"Rekomendasi sudah ada, tapi kami belum lihat siapa calonnya, jadi belum berani bicara banyak, karena masih akan dirapatkan malam ini," ujar Tumbur. 

Terkait surat pengunduran diri Nuryanto sebagai anggota DPRD Batam terpilih periode 2024-2029, Tumbur menyebut surat keputusan pengunduran diri itu belum dikeluarkan oleh PDIP.

"Surat keputusan pengunduran diri belum keluar dari partai. Saat mendaftarkan diri, surat pengunduran diri itu tentu harus ada dilampirkan," ujar Tumbur.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto mengatakan kesiapannya untuk mundur dari kursi anggota dewan dan maju di Pilkada Batam 2024.

Ia juga menyebutkan bahwa dirinya akan berpasangan dengan Hardi Selamat Hood dalam Pilkada Batam kali ini.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE