KPU Lingga siapkan 233 TPS untuk Pilkada 2024

id kepri,batam,kpu lingga,pilkada,ardhi auliya,ketua kpu lingga

KPU Lingga siapkan 233 TPS untuk Pilkada 2024

Ketua KPU Kabupaten Lingga Ardhi Auliya di RSBP Batam. (ANTARA/Amandine Nadja)

Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga Kepulauan Riau menyiapkan sebanyak 233 Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pilkada 2024 di daerah setempat, termasuk TPS khusus di Lapas Dabo Singkep.

“Akan ada 232 TPS reguler dan 1 TPS di lokasi khusus (loksus) di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Dabo Singkep,” kata Ketua KPU Lingga Ardhi Auliya saat dihubungi di Batam, Jumat. 

Ia mengatakan sebanyak 233 TPS akan tersebar di 13 Kecamatan yang mencakup seluruh pulau Kabupaten Lingga, termasuk pulau-pulau penyangga. 

Baca juga: 456 penghuni Rutan Karimun masuk dalam DPS Pilkada 2024

Menurut dia, jumlah TPS pada Pilkada serentak berkurang dibandingkan pada pemilu legislatif yang sebanyak 357 TPS, karena perbedaan aturan.

Ardhi menjelaskan bahwa aturan batas maksimal pemilih di satu TPS pada Pilkada adalah 600 pemilih, berbeda dengan pemilu legislatif yang membatasi hanya 300 pemilih di tiap TPS. 

“Dengan jumlah TPS yang lebih sedikit, kami berharap proses pemungutan suara tetap berjalan lancar dan efisien,” tambahnya. 

Ia mengatakan KPU Lingga terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan bahwa seluruh kebutuhan logistik dan teknis di TPS terpenuhi tepat waktu. 

Baca juga:
Bawaslu Kepri ingatkan bansos pemerintah tak mengandung unsur politik jelang Pilkada 2024

KPU RI fokus tangani data anomali menjelang penetapan dpt pilkada

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE