456 penghuni Rutan Karimun masuk dalam DPS Pilkada 2024

id rutan karimun, pemilih rutan karimun, paslon bupati karimun, kpu karimun, tps rutan karimun

456 penghuni Rutan Karimun masuk dalam DPS Pilkada 2024

Ilustrasi Pilkada Serentak 2024. (ANTARA/Afif)

Batam (ANTARA) - Sebanyak 456 dari 590 orang penghuni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, masuk daftar pemilih sementara pada Pilkada Serentak 2024.

Kepala Rutan Karimun Arjiunna dikonfirmasi di Batam, Jumat, mengatakan pihaknya telah menyerahkan data 456 orang penghuni rutan yang memiliki hak pilih tersebut kepada KPU Kabupaten Karimun.

"Untuk jumlah data pemilih sementara ada 456 orang dan dapat berubah sewaktu-waktu," kata Arjiunna.

Baca juga: Gubernur Ansar ajak generasi muda di Natuna untuk kuasai bahasa asing

Dia menjelaskan jumlah pemilih sementara itu didata sesuai KTP penghuni rutan yang ber-KTP Kepri. Sedangkan sisanya tidak memiliki hak suara.

Menurut dia, data sementara ini sudah diserahkan ke KPU Kabupaten Karimun dan sewaktu-waktu dapat berubah apabila ada pengiriman tahanan baru atau pemindahan tahanan ke rutan maupun ke lapas lain yang ada di wilayah Kepri.

Sama seperti Pemilu 2024, di Rutan Karimun disediakan satu tempat pemungutan suara (TPS) oleh KPU. Untuk Pilkada 2024 ini terdapat 426 TPS di seluruh wilayah Karimun.

Mengenai adanya perubahan data pemilih ini, sambung dia, Rutan Karimun terus berkoordinasi dengan KPU.

Baca juga: Bawaslu Kepri ingatkan bansos pemerintah tak mengandung unsur politik jelang Pilkada 2024

"Kami selalu berkoordinasi dengan KPU, ini data dari kami dan KPU nanti akan menentukan DPT-nya secara serempak," kata Arjiunna.

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Karimun Mardanus mengatakan akhir pekan ini pihaknya menggelar rapat pleno untuk menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Karimun.

"Saat ini tahapan lagi padat-padatnya, KPU menuju rapat pleno penetapan DPT pada tanggal 15–16 September," kata Mardanus.

Hingga saat ini jumlah pemilih tercatat pada DPS Pilkada 2024 di Kabupaten Karimun sebanyak 191.482 pemilih.

Pada Pilkada Kabupaten Karimun ada tiga bakal pasangan calon yang telah mendaftar, yakni pasangan Bakti Lubis-Raja Bakhtiar; M. Firmansyah-Eri Suandi dan Iskandarsyah-Rocky Bawole.

Setelah penetapan DPT, selanjutnya KPU Karimun akan mengumumkan penetapan pasangan calon peserta pilkada dan pengambilan nomor urut pada pekan ketiga September.

Baca juga:
BP Batam komitmen tuntaskan pembangunan rumah baru warga terdampak pengembangan Rempang Eco-City

KPU RI fokus tangani data anomali menjelang penetapan dpt pilkada

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE