Kemenkumham gelar tes CAT untuk notaris di BKN Batam

id kepri,batam,tes cat,kemenkumham,Seleksi notaris di Batam, notaris Kepri,cat,kanwil,Anambas, Lingga, Natuna

Kemenkumham gelar tes CAT untuk notaris di BKN Batam

Tes CAT pengangkatan notaris Kepulauan Riau di Batam (ANTARA/Amandine Nadja)

Batam (ANTARA) - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kepulauan Riau menyelenggarakan tes computer assisted test (CAT) untuk seleksi pengangkatan notaris wilayah Kepri di Badan Kepegawaian Negeri (BKN) Batam.

“Tes ini untuk wilayah Kepulauan Riau, tetapi dipusatkan di Batam. Ada 55 yang terdaftar, tetapi sebanyak 53 peserta hadir. Untuk 2 orang yang tidak hadir otomatis gugur,” ujar Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah (Kanwil) Kepri Sasmita di Batam, Rabu.

Dalam seleksi tersebut peserta menjalani dua sesi ujian, yakni ujian pilihan ganda dan esai pembuatan minuta akta.

Tes dimulai pukul 09.00 WIB dengan tes pilihan ganda (PG) yang berlangsung hingga pukul 11.30 WIB setelah istirahat selama satu jam, peserta kembali melanjutkan ujian esai yang dimulai pukul 13.00 hingga pukul 17.00 WIB.

“Nilai dari tes CAT akan keluar secara otomatis setelah ujian, ada siaran langsungnya guna menjaga transparansi tes,” tambah Sasmita.

“Formasi yang dibutuhkan akan menyesuaikan dengan hasil dari tes CAT-nya sendiri. Ini juga baru pertama kali kami laksanakan tes, dan kami harus memastikan yang akan diangkat memiliki bekal yang cukup untuk melakukan tugasnya,” kata Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum I Gede Widhiyasa di Batam, Rabu.

Sasmita juga menekankan pentingnya hasil seleksi ini dalam meningkatkan kualitas notaris di Kepri, terutama di wilayah-wilayah yang kekurangan notaris seperti Anambas, Lingga, dan Natuna.

"Dengan adanya penambahan notaris, diharapkan pelayanan masyarakat di wilayah-wilayah tersebut dapat lebih maksimal,” katanya.

Baca juga: Menkumham lantik Pimpinan Tinggi Madya perkuat organisasi

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenkumham gelar tes CAT bagi notaris di BKN Batam

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE