Kepri targetkan dongkrak wisata olahraga melalui Mandiri Bintan Marathon

id kepri,batam,pemprov kepri,dispar kepri,Mandiri bintan marathon, lagoi,Mandiri, dispar kepri, dinas pariwisata

Kepri targetkan dongkrak wisata olahraga melalui Mandiri Bintan Marathon

Media conference pihak-pihak untuk berbincang Wisata Olahraga di Mandiri Bintan Marathon. (ANTARA/Angie)

Batam (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau targetkan dongkrak wisatawan ke Kepri, khususnya ke Bintan, dengan wisata olahraga bertaraf internasional.
 

“Bintan adalah titik masuk wisatawan ke Indonesia jadi wajar kami menyiapkan atraksi menarik. Marathon ini akan mengukuhkan posisi diferensiasi Lagoi sebagai destinasi wisata olahraga dan juga destinasi wisata berkelanjutan,” kata Kepala Dinas Kepulauan Riau Guntur Sakti di Batam, Selasa.

Wisata Olahraga atau Sport Tourism terus digencarkan di Kepri, dengan “demamnya” Fun Run yang turut menjadi tren secara nasional.

Chief Operating Officer (COO) Bintan Resorts Wahab mengatakan bahwa acara marathon tersebut digelar pada 2-3 November 2024 di Lagoi Bay, Bintan Resorts, dengan lima kategori yang dipertandingkan yaitu, Full Marathon, Half Marathon, 10K Run, 5K Fun Run, dan Family Kids Run.

“Acara ini adalah kali ketiga kami selenggarakan dan kami berharap untuk menampung hingga 2.500 pelari dari seluruh Indonesia. Kami lakukan eksposur ke Singapura dan Tiongkok melalui agen wisata dan komunitas atlet, semoga ada partisipasi penuh,” kata Wahab di Batam, Selasa.

Tema maraton tahun ini adalah "Run And Discover",  yang menyoroti keindahan alam, kehangatan masyarakat, kumpul keluarga, dan semangat lokal.

“Kami semangat untuk mendukung agenda yang berada di tingkat internasional ini. Acara tersebut merupakan sinergi diantara berbagai pihak untuk menikmati keindahan alam sambil berolahraga,” kata Penjabat Sementara (PJs) Bupati Bintan Ahdi Muqsith.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kepri Usep RS juga menyatakan dukungannya atas acara tersebut.

“Insya Allah komunitas lari Kepri menunjukkan solidaritas untuk meramaikan acara di Bulan November mendatang,” katanya.

Acara ini merayakan perjalanan dan destinasi, serta mengajak para peserta untuk menikmati pemandangan indah Pulau Bintan, kekayaan budaya, dan suasana yang unik.

Terinspirasi oleh Penyu Sisik yang terancam punah, marathon ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya melestarikan dan melindungi lingkungan untuk mempertahankan ekosistem.

Baca juga: Mandiri Bintan Marathon 2024 gaet komunitas pelari ramaikan acara

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kepri targetkan dongkrak wisata olahraga di Mandiri Bintan Marathon

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE