Rumkital Tanjungpinang layani cathlab untuk kasus jantung

id Rumkital Dr. Midiyato Suratani,kepri, tanjungpinang, rumah sakit

Rumkital Tanjungpinang layani cathlab untuk kasus jantung

Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Dr. Midiyato Suratani di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) resmi mengoperasikan layanan perdana Catheterization Laboratory (Cathlab) untuk menangani kasus jantung, Kamis (24/10/2024). (ANTARA/HO-Humas Rumkital Dr. Midiyato Suratani )

Tanjungpinang (ANTARA) - Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Dr Midiyato Suratani di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), resmi mengoperasikan layanan perdana catheterization laboratory (Cathlab) untuk menangani kasus jantung.

"Hal ini menandai dimulainya pelayanan kesehatan lanjutan bagi pasien dengan kelainan jantung dan pembuluh darah di wilayah Kepri," kata Kepala Rumkital Dr Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) Mohamad Sulaiman Abidin di Tanjungpinang, Kamis.

Ia menyebut fasilitas cathlab ini dilengkapi dengan peralatan medis modern yang dirancang untuk melakukan tindakan diagnostik dan intervensi jantung secara minimal invasif, seperti angiografi koroner dan pemasangan ring ataupun operasi bypass.

Baca juga: Pemkot Batam siapkan anggaran Rp65 miliar untuk makan bergizi gratis

Menurutnya, pengoperasian cathlab ini merupakan upaya peningkatan pelayanan kesehatan khususnya di bidang kardiologi. Ini juga wujud dalam mendukung program pemerintah, khususnya Kementerian Kesehatan RI terkait penyakit-penyakit katastropik.

Pihaknya berkomitmen bekerja bersama-sama stakeholder kesehatan, khususnya di Tanjungpinang untuk saling mendukung penanganan penyakit-penyakit katastropik, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan jantung, terutama cathlab.

Baca juga: Pemkab Bintan siapkan lahan 19 ribu hektare guna wujudkan ketahanan pangan

"Harapannya pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan kelainan jantung bisa teratasi dengan cepat, tepat, dan tidak harus dirujuk ke luar Tanjungpinang, bahkan ke luar negeri," ujarnya.

Dengan adanya cathlab ini, lanjutnya, Rumkital Dr. Midiyato Suratani siap memberikan layanan komprehensif untuk diagnosa dan terapi jantung, sehingga masyarakat di Kepri tidak perlu lagi jauh-jauh mencari fasilitas serupa di kota besar lainnya.

Baca juga:
Kemenag Kota Batam berikan bimbingan calon pengantin tekan perceraian

KPU Batam terima 922.994 surat suara pilkada

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE