KPU Batam terima 922.994 surat suara pilkada

id Kepri,batam ,KPU ,pilkada ,surat suara ,logistik

KPU Batam terima 922.994 surat suara pilkada

Petugas saat menurunkan surat suara dari mobil box ke gudang logistik KPU Batam (24/10/2024) ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Kepulauan Riau menerima 922.994 lembar surat suara untuk Pilkada 2024.

Ketua KPU Kota Batam Mawardi di Batam, Kamis mengatakan total surat suara yang diterima itu sesuai Surat Keputusan KPU Kota Batam Nomor 484 tentang Penetapan Jumlah Surat Suara yang Dicetak pada Pilkada Batam 2024.

"Jumlah surat suara ini sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Batam ditambah 2,5 persen surat suara cadangan. Alhamdulillah hari ini kita sudah menerima logistik surat suara. Estimasi dari penyedia itu sekitar tanggal 30, ternyata datangnya lebih awal,” kata Mawardi.

Baca juga: BPJS Kesehatan Tanjungpinang maksimalkan kader JKN tagih iuran

Ia menyampaikan sebelum dikirim ke gudang logistik, KPU Kota Batam telah melakukan monitoring pada 15 Oktober lalu ke PT Percetakan Gramedia, Cikarang, untuk memastikan surat suara yang tercetak sesuai ketentuan.

"Kami menyaksikan langsung mulai dari proses pencetakan hingga pengepakan," kata dia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Kepulauan Riau, menyiapkan surat suara braille untuk memudahkan pemilih tunanetra pada saat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2024.

Baca juga: 2.357 pelamar merebutkan 2.300 formasi PPPK di Pemkot Batam

Ketua KPU Kota Batam Mawardi di Batam, Sabtu, mencatat ada 273 penyandang disabilitas tunanetra dan tunarungu mempunyai hak pilih pada Pilkada, 27 November mendatang.

Mawardi mengatakan bahwa penyandang disabilitas turut mendapatkan perhatian khusus dalam pesta demokrasi ini.

Dari DPT sebanyak 899.666 orang, kata dia, tercatat 1.324 di antaranya adalah pemilih disabilitas yang tersebar di berbagai kecamatan di Batam.

Baca juga:
BP Batam: 26 KK telah tempati rumah baru di Tanjung Banun

Dinsos Pemberdayaan Manusia Kota Batam catat 89 pemulangan orang terlantar

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE