Said Agil: MTQ Nasional Berdampak Besar

id menteri,agama,pada,kabinet,gotong,royong,said,agil,musabaqah,tilawatil,quran

Batam (Antara Kepri) - Menteri Agama pada Kabinet Gotong Royong (2001-2004) Said Agil Husin Al Munawar berpendapat Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional sejak 1968 berdampak besar bagi umat Islam dalam mempelajari dan mendalami ajaran agama.
       
"Manfaatnya sudah sangat dirasakan masyarakat dan bisa bermanfaat besar bagi umat. MTQ juga memancing kecintaan akan Al Quran. Itu memang salah satu tujuan dari MTQ yang bukan hanya merupakan kegiatan rutin saja ," katanya di Batam, Selasa.
       
Saat mengunjungi Quran Centre di Batam,  Agil menilai dari MTQ Nasional pertama kali hingga saat ini kualitas dari penyelenggaraan dan peserta terus mengalami peningkatan.
       
"Penyelenggaraan MTQ Indonesia merupakan yang terbaik dibandingkan kegiatan serupa di negara lain. Pesertanya juga memiliki kualitas yang bagus dan mampu bersaing dalam ajang yang lebih tinggi. Itu berkat kecintaan masyarakat sehingga mendorong mereka mempelajari Quran," kata dia.
       
Ia juga mengatakan, penyelenggaraan MTQ Nasional juga didorong seadil-adil mungkin tanpa ada kepentingan-kepentingan tertentu sehingga hasilnya bisa dipertanggungjawabkan.
       
"Di Indonesia sudah ada buku panduan untuk dewan juri yang bisa meminimalisir kemungkinan kecurangan dalam penyelenggaraan," kata Agil.
       
Agil berharap, seluruh daerah berpegang pada kepentingan agama dan kepentingan bersama dalam setiap kali kegiatan tersebut dilaksanakan.
       
"Untuk MTQ Nasional di Batam pada 2014  kami juga berharap pelaksanaannya sukses dan menghasilkan qori dan qoriah terbaik," kata dia.
       
Pada 2014, MTQ Nasional dilaksanakan di Dataran Engku Putri Kota Batam. Panitia saat ini tengah melakukan persiapan tempat pelaksanaan dan perbaikan sejumlah fasilitas. (Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE