Tim Rukyat Karimun Pantau Hilal di Pelawan

id Tim,bulan,Rukyat,Karimun,Pantau,Hilal,Pelawan,lebaran,syawal,idul,fitri

Karimun (Antara Kepri) - Tim Rukyatul Hilal Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, memantau posisi hilal atau piringan bulan di Pantai Pelawan, Kecamatan Meral, Minggu sore.

"Beberapa anggota Tim Rukyatul Hilal sedang di Pantai Pelawan memantau posisi hilal dengan menggunakan teropong," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Afrizal di Tanjung Balai Karimun, Minggu sore.

Menurut Afrizal, Pantai Pelawan merupakan lokasi yang cocok karena berada pada tempat terbuka yang memungkinkan tim leluasa mengamati posisi hilal.

Ia mengatakan, pemantauan hilal dilakukan hingga senja guna menentukan 1 Syawal 1435 Hijriyah.

Tim Rukyatul Hilal, menurut dia, sebelumnya telah mendapat pembekalan agar mampu menjalankan tugasnya.

Hasil pemantauan yang dilakukan, menurut dia akan dilaporkan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Agama yang akan menggelar sidang itsbat malam ini.

"Ada atau tidaknya hilal dari pemantauan itu, tetap kita laporkan ke pusat," kata dia.

Menurut dia, jika salah seorang anggota tim berhasil melihat posisi hilal, maka yang bersangkutan menurut dia akan diambil sumpahnya di Pengadilan Agama sebelum dilaporkan ke pusat.

"Pengambilan sumpah harus dilakukan sesuai dengan perintah Nabi," katanya.

Meski tim belum menyampaikan hasil pengamatannya, Afrizal memperkirakan 1 Syawal jatuh pada Senin (28/7), sama dengan penetapan 1 Syawal oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

"Kemungkinan besar 1 Syawal jatuh esok hari. Ketentuannya, 1 Syawal ditetapkan jika posisi hilal 4 derajat di atas ufuk, sedangkan perkirakan kami, posisi hilal sudah melebihi 4 derajat," katanya.

Keberhasilan pemantauan hilal, kata dia lagi, sangat bergantung pada kondisi cuaca.

"Kondisi cuaca hari ini memang tidak begitu cerah, sedikit mendung. Kita akan tunggu laporan dari tim menjelang malam," kata dia. (Antara)

Editor: Sri Muryono

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE