Awe Rencanakan Lobi Telkomsel Atasi Masalah Pekajang

id Awe Rencanakan Lobi Telkomsel Atasi Masalah Pekajang

Pekajang sudah ada tower, hanya saja tidak berfungsi karena belum ada satupun provider yang mau mengaktifkannya
Lingga (Antara Kepri) - Bupati Lingga Alias Wello berencana menemui langsung Direktur Telkomsel untuk membicarakan permasalahan komunikasi di Desa Pekajang
.
Inisiatif lobi tersebut, setelah ia mendengarkan langsung keterangan lebih rinci dari pihak Dishubkominfo mengenai sulitnya mengatasi permasalahan akses telekomunikasi di Desa Pekajang.

Dari keterangan Kasi Komunikasi, Bidang Kominfo di Dishubkominfo Lingga, Ady Setiawan, masalah komunikasi di Pekajang memang cukup rumit.

Solusi yang diupayakan pemerintah baik daerah maupun provinsi, berkali-kali gagal terealisasi. Bahkan Gubernur Kepri HM Sani yang 2015 lalu, sempat mengunjungi ke Pekajang, menyeroti permasalahan yang sama.

"Pekajang sudah ada tower, hanya saja tidak berfungsi karena belum ada satupun provider yang mau mengaktifkannya. Itu karena jumlah kebutuhan pemakai di Pekajang tidak mampu menutupi kebutuhan operasionalnya jika di aktifkan," kata dia, di Pekajang, Sabtu (20/2) lalu.

Dia mengatakan, beberapa solusi lain dari program kementrian Kominfo, juga sempat di upayakan pihaknya. Seperti program kring se Indonesia pada tahun lalu. Tapi, karena tower di Pekajang bukan milik daerah, Kementrian tidak jadi mengaktifkannya.

"Tower itu miliknya tower bersama grup (TBG), anak perusahaan Telkomsel. Jadi bukan milik daerah," tuturnya.

Terkait adanya program Telinfo-Tuntas, atau dikenal dengan tower mini Kominfo, dikatakan Ady, program itu sudah jauh-jauh hari di rencanakan.

Namun, karena niat telkomsel membangun tower di Pekajang, kominfo membatalkan program tower mini dan mengalihkannya ke wilayah pulau lainnya.

"Kalau sekarang ini, program Telinfo-Tuntas sudah tidak ada lagi. Cara satu-satunya, Kepala daerah atau Gubernur melakukan lobi ke perusahaan Telkomsel untuk membicarakan solusi bersama," terang Ady.

Menanggapi hal itu, Bupati Lingga Alias Wello berinisiatif akan menemui pihak Telkomsel guna mendudukkan permasalahan itu. Ini menjadi perioritasnya karena akses komunikasi akan membuka simpul keterisoliran desa Pekajang.

"Ini akan menjadi perioritas kita, disamping kebutuhan lainnya masyarakat Pekajang," singkat Awe, usai kunker ke Pekajang.

Terpisah, Wakil Gubernur Kepri Nurdin Basirun, juga menginginkan permasalahan komunikasi di Pekajang dapat diselesaikan secepatnya.

Nurdin mengatakan, saat ini komunikasi merupakan kebutuhan primer masyarakat, jadi harus tersedia. 

"Masalah komunikasi di Pekajang harus secepatnya di selesaikan," singkatnya, dalam perjalanan pulang dari Kungker ke Pekajang. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE