JCH Karimun Dilepas dengan Upacara Tepung Tawar

id JCH,Karimun,Upacara,melayu,Tepung,Tawar,embarkasi,hang,nadim,jamaah,calon,haji

Kami mendoakan seluruh jamaah dapat menunaikan ibadah haji dengan baik dan benar dan kembali ke Tanah Air dengan menyandang Haji Mabrur
Karimun (Antara Kepri) - Jamaah Calon Haji Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau dilepas Bupati Karimun Aunur Rafiq dengan menggelar upacara adat Melayu, tepuk tepung tawar, Senin.

Upacara adat tepuk tepung tawar dan menabur beras kunyit kepada JCH dilaksanakan di rumah dinas bupati sebelum mereka bertolak menggunakan kapal regular ke Batam.

Prosesi tepuk tepung tawar juga dilakukan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan diikuti sejumlah pejabat daerah maupun pusat.

Upacara adat tersebut juga disertai dengan doa syukuran melepas keberangkatan JCH menunaikan rangkaian ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah.

"Kami mendoakan seluruh jamaah dapat menunaikan ibadah haji dengan baik dan benar dan kembali ke Tanah Air dengan menyandang Haji Mabrur," ucap Aunur Rafiq di sela-sela acara adat tersebut.

Bupati juga berpesan kepada seluruh jamaah agar menjaga kesehatan mengingat kondisi cuaca di Tanah Suci cukup panas sehingga memerlukan stamina yang prima bagi para calon haji.

Ia juga berpesan kepada jamaah agar menjaga kekompakan dan kebersamaan, dan selalu mengikuti arahan Tim Pemandu Ibadah Haji (PPIH).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Karimun Afrizal mengatakan, kondisi cuaca di Tanah Suci memang cukup panas dan ekstrem dengan suhu diperkirakan mencapai 50 derajat celcius.

"Kondisi cuaca yang cukup panas itu membutuhkan kesehatan yang prima. Selain itu, jamaah kami minta menjaga kekompakan dan saling membantu satu sama lain, terutama terhadap jamaah yang menggunakan kursi roda yang berjumlah lima orang," katanya.

JCH Karimun yang berangkat ke Tanah Suci berjumlah 127 orang, berkurang satu orang karena satu calon haji asal Kecamatan Kundur bernama Pallatui bin Nusuf (59) batal berangkat karena gangguan kesehatan.

Mereka tergabung dalam kloter pertama Embarkasi Hang Nadim Batam pada Selasa (9/8) pukul 09.30 WIB dengan menumpang pesawat Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV5201, bersama JCH kabupaten/kota lain di Provinsi Kepri.

"Hari ini mereka berangkat ke Batam, dan beristirahat satu malam di Asrama Haji Batam Center," ucap Afrizal.

Seorang calon haji Ruffindy Alamsjah mengaku siap secara fisik maupun mental untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah.

"Kami mohon doa dan restunya, agar dapat menunaikan ibadah dengan baik dan pulang ke Karimun dengan sehat walafiat," ucap Ruffindy yang menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja Karimun.

Ratusan warga mengiringi keberangkatan JCH Karimun di pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun. Suasana haru dengan isak tangis dari karib kerabat mengiringi keberangkatan para tamu Allah itu. (Antara)

Editor: F.C Kuen

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE