ConocoPhillips Bangun PJUTS di Anambas

id Conoco,Phillips,Bangun,PJUTS,Anambas,penerangan,jalan,listrik,tenaga,surya

Bantuan PJUTS ini semoga dapat membantu masyarakat setempat melakukan aktivitas sehari-hari dengan aman
Batam (Antara Kepri) - Perusahaan Minyak dan Gas Bumi ConocoPhillips Indonesia Inc. Ltd (CPIIL) bersama mitra kerjanya kontraktor Blok B membangun 70 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di Kabupaten Kepulauan Anambas untuk membantu penerangan warga setempat.

"Sebagai tetangga korporasi yang bertanggung jawab melakukan program Tanggung Jawab Sosial, merupakan komitmen kontraktor Blok B membantu masyarakat di sekitar wilayah operasi kami, khususnya wilayah operasi di Provinsi Kepulauan Riau," kata Vice President CPIIL Joang Laksanto dalam siaran pers di Batam, Kepulauan Riau, Rabu.

Sebanyak 70 unit PJUTS itu diharapkan mampu menerangi sekira 20 desa yang tersebar di Kecamatan Palmatak, Siantan, Siantan Timur dan Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau.

CPIIL sengaja memilih teknologi tenaga surya, karena lebih ramah lingkungan, aksesibilitas tinggi, mudah dipasang dan pemeliharaan yang sederhana.

Joang menjelaskan bantuan itu merupakan bagian dari kontribusi perusahaan dalam membantu percepatan pembangunan infrastruktur wilayah operasi Kontrak Kerja Sama (KKS) South Natuna Sea Blok B.

PJTS itu diharapkan dapat menambah tingkat keselamatan dan keamanan pengguna pelabuhan desa dan jalan di wilayah tersebut. Karena kabupaten itu hingga kini masih mengalami kekurangan listrik.

"Bantuan PJUTS ini semoga dapat membantu masyarakat setempat melakukan aktivitas sehari-hari dengan aman," ujarnya.

Tidak sampai di situ, ia berharap penerima manfaat bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memelihara bantuan itu dalam jangka waktu yang panjang.

Pembangunan PJTUS di Anambas mulai dilakukan sejak awal tahun 2016. Hingga kini, sudah 50 PJTUS yang berdiri di Kecamatan Palmatak dan Siantan Timur. Sedang sebanyak 20 unit PJUTS lainnya akan dipasang menyusul.

Jalan-jalan desa, masjid dan pelabuhan-pelabuhan yang sebelumnya gelap kini menjadi lebih terang di malam hari setelah PJUTS dipasang.

Dalam pembangunannya, CPIIL, mewakili para kontraktor Blok B, bekerja sama dengan pemerintah daerah, masyarakat dan lembaga nirlaba yang membantu pengembangan proyek energi terbarukan, Yayasan Bina Usaha Lingkungan (YBUL).

Serah terima PJUTS secara simbolis disaksikan oleh Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE