PKK Lingga Buka Lahan Perkebunan Cabai

id PKK,Lingga,Buka,Lahan,Perkebunan,Cabai

Kementrian Pertanian RI, pada tahun ini mengalokasikan cukup banyak bibit cabai untuk ditanami di tiap daerah pemilik potensi, termasuk Kabupaten Lingga
Lingga (Antara Kepri) - PKK Kabupaten Lingga segera menjalankan program unggulan di bidang pertanian dengan memanfaatkan alokasi lahan seluas 4 Hektar dari pemerintah setempat.

Maratussaliha Nizar, Wakil Ketua I PKK Kabupaten Lingga mengatakan, alokasi lahan pertanian itu akan diprioritaskan untuk tanaman cabai dengan pertimbangan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

"Kami masih menunggu proses pembebasan lahan. Jika selesai, secepatnya diturunkan alat berat untuk pembukaan lahan," kata dia di Daik Lingga, Jum'at.

Dia mengatakan, membangun perkebunan merupakan program unggulan TP PKK Kabupaten Lingga di bidang pertanian untuk tahun anggaran 2017 ini.

Melalui program tersebut, PKK berupaya mendukung arah kebijakan pemerintah daerah yang saat ini tengah serius menggalakkan sektor pertanian sebagai salah satu sektor unggulan peningkatan ekonomi masyarakat.

Bupati Lingga, kata dia, melalui rapat koordinasi dan konsolidasi yang melibatkan TP PKK serta jajaran instansi pemerintah terkait, Rabu (1/2) lalu, akan secepatnya menyiapkan lahan seluas 4 Hektar di dua pulau guna mengakomodir pelaksanaan program PKK ini.

"Kalau saran dari pak Bupati, yang ditanam itu tanaman muda lah. Seperti cabai atau jahe. Ini juga kan memang sudah menjadi aktivitas ibu-ibu di daerah kami. Nanti kami juga akan coba tanaman bawang," ujar istri Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar itu.

Alasan lain tanaman cabai dijadikan prioritas, karena saat ini kebutuhan pasar di wilayah Kepulauan Riau masih sangat kurang. Seperti di ibukota provinsi Kepri Tanjung Pinang dan pasar batam, cabai harus jauh-jauh didatangkan dari daerah Jawa.

Bahkan Kementrian Pertanian RI, pada tahun ini mengalokasikan cukup banyak bibit cabai untuk ditanami di tiap daerah pemilik potensi, termasuk Kabupaten Lingga.

Karena beberapa sebab tersebut, Cabai layak dijadikan prioritas tanaman oleh PKK Kabupaten Lingga.

Dia juga mengatakan, PKK sudah melakukan pembahasan bersama jajaran pengurus untuk menindak lanjuti program kerja bersama tersebut, Jum'at pagi.

Dalam waktu dekat, pihaknya bersama tim penyuluh dari Dinas Pertanian setempat juga akan meninjau lokasi bakal perkebunan itu, yang rencananya dibangun di kawasan Desa Panggak Darat Kecamatan Lingga seluas 2 Hektar dan di desa Batu Berdaun Kecamatan Singkep seluas 2 Hektar.

"Insyaallah besok kami akan melihat kondisi tanahnya. Apakah tanaman lada itu cocok atau tidak untuk di tanami di lahan itu," tutupnya. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE