Kapal Nelayan Karimun Karam Diduga Ditabrak "Tugboat"

id Kapal,Nelayan,Karimun,Karam,Diduga,Ditabrak,Tugboat

Kapal Nelayan Karimun Karam Diduga Ditabrak "Tugboat"

Tiga nelayan Karimun yang kapalnya karam diduga ditabrak tugboat. (antarakepri.com/Istimewa)

Kejadian bermula saat kami menerima laporan dari salah satu nelayan yang melaporkan kejadian tersebut kepada kami
Karimun (Antara Kepri) - Sebuah kapal nelayan milik warga Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun,  Kepulauan Riau karam diduga ditabrak kapal tunda atau tugboat di perairan Takong Hiu atau lebih kurang satu mil dari bibir pantai pulau tersebut.

"Kejadian bermula saat kami menerima laporan dari salah satu nelayan yang melaporkan kejadian tersebut kepada kami, " kata Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun Letkol Laut (P) Totok Irianto melalui Danposal Takong Hiu Lettu Laut (P) Himawan Pratikno di Tanjung Balai Karimun, Selasa.

Kapal nelayan tanpa nama dengan bobot GT 02 tersebut ditumpangi 3 orang termasuk nakhoda yakni  Ifin (40) sebagai nakhoda, Azmain (37) ABK, dan Irfan (16) ABK. Kapal tersebut sedang lego jangkar di sekitar perairan Takong Hiu yang tengah menangkap ikan dengan menggunakan jaring pada Selasa (11/7) sekitar pukul 03.15 WIB dini hari.

Beberapa saat kemudian, satu dari ketiga nelayan kapal tersebut melihat tugboat yang melaju tepat ke arah kapal mereka dengan jarak semakin dekat. Tanpa berfikir panjang, nelayan tersebut langsung memutuskan tali jangkar untuk menghindari hantaman tugboat tersebut.

"Namun karena kondisinya malam hari dan pencahayaan kapal nelayan pun bersumber dari mesin, maka tabrakan pun tidak terhindari, " katanya.

Akibat dari hantaman tugboat tersebut kapal nelayan karam, beruntung para nelayan berhasil diselamatkan oleh kapal kargo yang kebetulan lewat setelah sempat terombang-ambing di tengah laut dengan cara berpegangan pada puing-puing kapal.

Menurut keterangan korban, saat kapal tugboat tersebut menabrak kapal mereka,  para nelayan tersebut sempat berteriak meminta tolong kepada awak kapal tugboat tersebut,  namun tugboat yang belum diketahui namanya tersebut tetap berlalu meninggalkan mereka.

"Kami sudah teriak meminta tolong, tapi tidak ada berhenti, bahkan melemparkan pelampung pun tidak ada," kata Irfan.

Beruntung mereka terselamatkan oleh kapal kargo kayu yang kebetulan melintas di perairan tersebut dan segera mengevakuasi korban tabrak lari ke Tanjung Balai Karimun untuk mendapat perawatan medis.

Sementara itu, kapal tugboat yang lari tersebut masih dalam proses pengejaran Tim Lanal Tanjung Balai Karimun.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan laut tersebut, namun kerugian materil diperkirakan mencapai belasan juta. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE