Persediaan Beras Karimun Aman Hingga Tiga Bulan

id Persediaan,Beras,Karimun,Aman,Hingga,Tiga,Bulan,bulog

Stok beras aman untuk 3 bulan ke depan, kalau kurang kami isi lagi
Karimun (Antara Kepri) - Persediaan beras di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, aman untuk beberapa bulan ke depan, kata Kepala Gudang Bulog Karimun Desrizal.

"Stok beras aman untuk 3 bulan ke depan, kalau kurang kami isi lagi," kata Desrizal melalui layanan pesan singkatnya kepada Antara di Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Desrizal mengatakan saat ini stok beras di gudang milik Bulog Kabupaten Karimun mencapai 590 ton yang terdiri dari beras sejahtera (Rastra) dan beras komersial.

"Untuk stok beras yang sekarang saja memang sudah terpenuhi, namun kami selalu 'update' perkembangan ke Bulog Batam," katanya.

Koordinasi yang dilakukannya ini merupakan upaya untuk mempertahankan keberadaan logistik di Karimun sebab jika stok beras di gudang milik Bulog Karimun mulai menipis, Bulog Batam akan segera mengirim persediaan ke Karimun.

"Yang pasti akan dipenuhi lagi stok beras di Karimun ini untuk 3 bulan ke depan," katanya.

Desrizal juga mengatakan untuk kebutuhan Rastra di Karimun sendiri mencapai 117 ton tiap bulan, sedangkan kebutuhan beras komersial tiap bulan bervariasi. Terlebih saat memasuki Ramadhan, kebutuhan beras ini akan mencapai 2 kali lipat dari bulan-bulan biasanya.

"Bulan Puasa tahun ini saja kebutuhan beras hampir 3.000 ton," katanya.

Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi kelangkaan beras di kabupaten maritim ini, selain melakukan koordinasi dengan Bulog Batam, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, baik yang direalisasikan dalam bentuk operasi pasar dan lain sebagainya.

"Untuk mengantisipasi kelangkaan beras, kami mengadakan gerakan stabilisasi pangan, baik melalui Rumah Pangan Kita maupun operasi pasar," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE