Wali Kota sebut persediaan bahan pokok di Tanjungpinang aman untuk Lebaran

id Harga sembako stabil

Wali Kota sebut persediaan bahan pokok di Tanjungpinang aman untuk Lebaran

Aktivitas di Pasar Bintan Center, Tanjungpinang, Kepri, Selasa (18/4/2023) atau H-4 Lebaran 2023. ANTARA/Ogen

Tanjungpinang, Kepri (ANTARA) - Wali Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Rahma memastikan persediaan bahan pokok dalam kondisi aman dan harga relatif stabil menjelang Lebaran 2023.

"Alhamdulillah, hasil pemantauan kami tidak ada yang naik signifikan, semuanya masih dalam kategori stabil," kata Wali Kota Tanjungpinang Rahma usai meninjau Pasar Bintan Center di Tanjungpinang, Kepri, Selasa.

Menurut Rahma, tidak alasan bagi pedagang pasar menaikkan harga barang pokok menjelang Lebaran ini.

Ia mengatakan hal ini terjadi tidak terlepas atas kerja sama forkopimda yang selama ini kerap melakukan peninjauan langsung ke lapangan.

Hanya saja, kata Rahma, ketika melakukan peninjauan, ada pedagang cabai merah yang menjual Rp48 ribu per kilogram dan ada yang menjual Rp45 ribu per kilogram, padahal didatangkan dari daerah yang sama.

"Untuk hal ini, saya harap warga harus cerdas memilih dan belanja, karena di pasar ini tidak hanya satu tempat yang jualan cabai," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperdagin) Tanjungpinang Riany yang ikut meninjau pasar tersebut menyampaikan bahwa menjelang Lebaran, persediaan dan harga bahan pokok dipastikan aman dan terkendali.

Ia menjelaskan untuk harga ayam dijual Rp40 ribu per kilogram, cabai merah Rp45 ribu per kilogram, daging sapi segar Rp190 per kilogram, dan daging beku Rp130 ribu per kilogram.

"Harga-harga ini masih tergolong normal, kenaikannya tidak terlalu signifikan," terangnya.

Disperdagin, kata dia, mengimbau kepada seluruh pedagang tidak menaikkan harga bahan pokok menyambut Lebaran.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE