Gubernur Kepri Inginkan Rini Jadi Cawagub

id Gubernur,Kepri,Rini,nurdin,basirun,Cawagub,calon,wakil

Partai pengusung belum memutuskan. Gubernur sudah mengatakan keinginannya, namun juga meminta kami mengajukan dua nama cawagub lain. Jadi dari pembicaraan itu belum ada keputusan
Tanjungpinang (Antara Kepri) -  Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menyatakan keinginannya agar Rini Fitrianti direkomendasikan oleh partai pengusung sebagai calon wakil gubernur.

Ketua PPP Kepri, Syarapudin Aluan di Tanjungpinang, Rabu mengatakan keinginan Gubernur Nurdin itu disampaikan pada rapat bersama pekan lalu, namun hingga kini belum ditetapkan nama cawagub yang akan diusulkan kepada DPRD Kepri.

"Partai pengusung belum memutuskan. Gubernur sudah mengatakan keinginannya, namun juga meminta kami mengajukan dua nama cawagub lain. Jadi dari pembicaraan itu belum ada keputusan," ucap anggota Komisi I DPRD Kepri itu.

Aluan menjelaskan lima partai pengusung wajib mengusulkan dua nama cawagub. Kelima partai pengusung sudah mengusulkan satu nama yakni Isdianto, yang sudah mengajukan surat pengunduran diri sebagai pejabat eselon II Pemprov Kepri.

Sementara satu nama lainnya yang diusulkan berbeda-beda seperti Demokrat rekomendasikan Agus Wibowo, PKB Mustafa Widjaja, PPP Mustafa Widjaja dan Fauzi Bahar, Nasdem merekomendasikan Rini Fitrianti. Dalam perjalanan, panitia pemilih menggugurkan Agus Wibowo sebagai cawagub karena tidak memenuhi persyaratan, karena itu panitia pemilih meminta gubernur mengusulkan satu nama cawagun pengganti Agus.

"Gubernur sudah melayangkan surat kepada pengurus partai pengusung agar segera merekomendasikan satu nama," katanya.

Ia mengemukakan dalam pertemuan itu dihadiri dirinya, Ketua DPW Partai Gerindra Kepri Syahrul dan Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa Kepri Abdul Basit.

"Dalam pertemuan itu tidak ada pengurus Partai Demokrat," ujarnya.

Ia mengatakan Gubernur Nurdin juga menginginkan wagub yang tidak mengganggu dirinya dan pemerintahan. Karena itu, gubernur tetap berkeras memilih Rini, putri sulung almarhum HM Sani, mantan Gubernur Kepri.

Sejak awal, Gubernur Nurdin yang juga Ketua Partai Nasdem Kepri merekomendasikan Rini.

"Kalau Fauzi Bahar keras, Rini tidak," ucapnya.

Aluan merasa pesimistis gubernur dapat mengusulkan satu nama cawagub hingga batas akhir yanf ditetapkan panitia pemilih. "Kalau lusa hari terakhir pengusulan nama cawagub, rasanya tidak mungkin terealisasi karena waktunya sangat sempit," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto
Pewarta :
Editor: Kepulauan Riau
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar