Batam dinilai komitmen kembangkan pariwisata

id pariwisata batam

Batam dinilai komitmen kembangkan pariwisata

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Dadang Rizki Ratman

Jadi kalau ada potensi pantai bagus harus dikelola dengan baik seperti Ancol, jangan sampai turis datang dan main ke pantai gratisan,
Batam (Antaranews Kepri) - Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau dinilai memiliki komitmen tinggi untuk mengembangkan pariwisata sehingga dapat mendongrak pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.   

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Dadang Rizki Ratman mengatakan banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan di Kota Batam, salah satunya pantai.

Dadang meminta para pelaku usaha di bidang pariwisata dapat memanfaatkan wisata berbasis alam, budaya maupun buatan yang bisa menarik minat wisawatan, sehingga bisa menambah nilai pertumbuhan ekonomi.

"Jadi kalau ada potensi pantai bagus harus dikelola dengan baik seperti Ancol, jangan sampai turis datang dan main ke pantai gratisan," katanya. 

Selain itu pihaknya juga akan terus melakukan branding di setiap daerah. Sehingga pesona alam di seluruh Indonesia dapat dikenal wisawatan mancanegara.

"Branding harus dilakukan secara terus menerus di berbagai media dan dukungan itu kita berikan saat Kepri mengadakan iven, karena itu ia meminta kepada seluruh wilayah di Indonesia untuk terus mengadakan kegiatan baik berskala nasional maupun internasional," kata dia.

Pihaknya juga kerap melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknologi (Bimtek), peningkatan kapasitas, monitoring dan memfasilitasi daerah yang memiliki komitmen untuk mengembangkan pariwisata.

"Misalnya daerah membuat Renja (Rencana Kerja) dan RPJMD pariwisata menjadi prioritas dan dengan senang hati kami akan menfasilitasi daerah yang memiliki komitmen tinggi," katanya.

Dadang berencana akan mengundang Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo untuk bertemu dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Sebelumnya BP Batam sudah memaparkan kalender pariwisata 2018 untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Di antaranya even olahraga bertaraf internasional seperti perlombaan BP Batam Internasional Futsal, Downhill Dangas Internasional, Tour De Barelang Bintan, Dragon Boat International, Marathon Barelang, turnamen bulutangkis terbuka, voli pantai, golf, gokart dan road race serta pertandingan bola voli internasional.

Selain itu, BP Batam juga berencana mengadakan kegiatan seni dan budaya seperti karnaval pentas seni budaya melayu dan nusantara. Kemudian merancang pameran foto yang dilaksanakan para fotografer dari media massa di Kota Batam.

Serta konser musik yang diisi artis Indonesia dan mancanegara. BP Batam juga merencanakan kegiatan Batam menari dengan target peserta 50 sampai 70 ribu orang.

Kemudian pemilihan cik dan puan untuk menjadi duta pariwisata serta festival makanan tradisional dan digital festival. (Antara)

Editor : Pradanna Putra

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE