Gubernur: Giatkan olahraga agar pemuda terhindar narkoba

id Gubernur Kepri Nurdin Basirun,turnamen sepak bola karimun,bahaya narkoba,kasus narkoba di kepri

Gubernur: Giatkan olahraga agar pemuda terhindar narkoba

Gubernur Kepri Nurdin Basirun didampingi Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim (kanan) dan anggota DPR Dwi Latifa (pakai kerudung) menendang bola saat membuka Turnamen Sepak Bola Teluk Uma Cup. (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Olahraga membuat kita sehat dan salah satu cara agar generasi muda tidak terjerumus dalam bahaya narkoba
Karimun, Kepri, 25/3 (Antara) - Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun mengimbau seluruh lapisan masyarakat, instansi pemerintah dan swasta agar menggiatkan kegiatan olahraga untuk mencegah generasi muda dari penyalahgunaan narkoba.
"Olahraga membuat kita sehat dan salah satu cara agar generasi muda tidak terjerumus dalam bahaya narkoba," kata dia di Teluk Uma, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Minggu.

Gubernur, dalam pembukaan turnamen sepak bola Teluk Uma Cup mengatakan, generasi muda rentan terpengaruh hal negatif jika tidak memiliki kesibukan, apalagi Provinsi Kepri merupakan daerah perbatasan yang termasuk daerah perlintasan narkoba cukup tinggi.

Hal itu, menurut dia, terlihat dari banyaknya pengungkapan kasus narkoba oleh aparat berwajib, yang kebanyakan jenis sabu-sabu dan diselundupkan dari Malaysia.

Baca juga: Narkotika melemahkan otak

"Baru-baru di Batam, aparat menggagalkan penyelundupan 1,2 ton sabu-sabu. Jumlah yang sangat besar, berkarung-karung seperti beras saja. Belum lagi di Karimun, aparat juga banyak mengungkap kasus narkoba," kata dia.

Pemerintah provinsi mendorong kegiatan-kegiatan olahraga yang melibatkan generasi muda.

"Sejak dulu, saya selalu mendorong turnamen-turnamen seperti ini. Anak-anak muda kita bisa mengasah bakat dan kemampuannya dalam olahraga, dan secara tidak langsung mereka tidak lagi berfikir yang macam-macam," kata dia.

Anggota DPR dari daerah pemilihan Kepulauan Riau, Dwi Ria Latifa, yang juga hadir dalam pembukaan turnamen sepak bola tersebut mengajak kaum muda gemar berolahraga.

"Saya dalam rapat kerja di DPR sering kali menyampaikan kepada BNN dan Kapolri bahwa Kepri sangat rawan narkoba dan perlu penanganan secara khusus. Kerawanan ini tentu harus kita bentengi juga, salah satunya generasi muda melalui kegiatan olahraga," tuturnya.

Turnamen Sepak Bola Teluk Uma Cup diikuti 64 kesebelasan dan berlangsung selama satu bulan.

Menurut ketua panitia Khaerul, turnamen sepak bola tersebut juga bertujuan untuk mencari bakat, di samping berupaya mencegah anak-anak muda dari bahaya narkoba.

"Sesuai spanduk-spanduk turnamen yang kami pasang, ada pesan yang kami sampaikan agar pemuda gemar berolahraga sebagai cara untuk menghindari narkoba," kata Khaerul. 

Dalam pembukaan turnamen tersebut, Gubernur Nurdin Basirun dan Anggota DPR Dwi Ria Latifa juga menyumbangkan dana untuk turnamen sepak bolah antarklub tersebut. Baca juga: Dispora Kepri tingkatkan kegiatan pemuda cegah narkoba

Editor: YJ Naim
Pewarta :
Editor: Kepulauan Riau
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar