Enam calon DPD serahkan syarat dukungan

id Calon DPD,Syarat dukungan ,Kepri

Enam calon DPD serahkan syarat dukungan

Komisi Pemilihan Umum (Antaranews)

Batam (Antaranews Kepri) - Komisi Pemilihan Umum Kepulauan Riau mencatat, hingga Selasa, sebanyak enam orang yang mencalonkan diri sebagai Anggota Dewan Perwakilan Daerah RI telah menyerahkan syarat dukungan calon.

"Yang sudah datang menyerahkan syarat dukungan calon sampai saat ini, Ria Saptarika, Alfin, Dharma Setiawan, Surya Makmur Nasution, Mohammad Nabil dan Hardi Selamat Hood," kata Ketua KPU Kepri, Said Sirajuddin melalui sambungan telepon di Batam, Selasa.

KPU Kepri masih membuka penyerahan syarat dukungan calon DPD hingga Kamis (26/4). Penyerahan bukti dukungan itu adalah tahapan awal pendaftaran bakal calon senator.

Bukti dukungan yang diserahkan kepada KPU Kepri yaitu daftar dukungan dilengkapi tanda tangan atau cap jempol, foto kopi KTP elektronik dan formulir F1 DPD.

Said menyatakan dari enam calon Anggota DPD RI itu, baru dua yang telah memenuhi persyaratan jumlah dan sebaran pendukung, yaitu Ria Saptarika dan Dharma Setiawan.

KPU menyaratkan calon mengumpulkan dukungan dari minimal 2.000 orang warga yang tersebar sedikitnya di empat kabupaten/kota di Kepri, atau 50 persen dari jumlah kabupaten/kota.

"Yang lainnya belum lengkap jumlah pendukung dan sebarannya, mungkin hari ini datang lagi untuk menyerahkan perbaikan," kata Said.

Saat penyerahan syarat itu, KPU langsung memverifikasi sekilas dari sisi jumlah dan sebaran pendukung saja. Sedangkan verifikasi menyeluruh akan dilakukan pada 27 April hingga 10 Mei 2018.

Said menyatakan KPU akan mengecek minimal jumlah dukungan dan sebarannya, administrasi dan analisis dukungan ganda.

Kemudian, hasil verifikasi administrasi dan dukungan ganda akan disampaikan KPU kepada calon pada 11-17 Mei 2018 kepada masing-masing calon untuk diperbaiki.

KPU memberikan waktu perbaikan syarat dukungan pada 17 hingga 20 Mei 2018 yang kemudian diverifikasi kembali pada 21 hingga 24 Mei 2018.

Sementara itu, selain enam orang yang sudah menyerahkan syarat, ia mengatakan masih ada beberapa orang calon lainnya yang melakukan komunikasi dengan KPU untuk mengikuti tahapan pendaftaran Pemilu DPD 2019.

"Yang sudah berkomunikasi untuk ikut serta di antaranya Sukri Fahrial, Mustawa Widjaja, Haripinto dan Aida Zuraida," kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE